Serunya Bermain River Tubing di Muncul River Tubing Kabupaten Semarang



Masih dalam rangkaian acara Field Trip Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang 2021, setelah menyaksikan kemeriahan Rawa Pening Performing Art 2021. Rombongan kami melanjutkan perjalanan untuk menjelajahi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Semarang. Dan destinasi wisata yang pertama kami kunjungi yaitu River Tubing Muncul.

Senang sekali rasanya bisa ke Muncul River Tubing ini, karena ini pertama kalinya aku datang kesini, meskipun sebenarnya sudah tahu dari sosial media kalau di Kabupaten Semarang ini ada wisata bermain air di Muncul River Tubing, namun karena sejak tahun lalu ada pandemi, jadi rencana untuk datang kesini juga belum tersampaikan.

Oh ya Muncul River Tubing ini mulai dibuka sejak tahun 2013 dan dikelola oleh para pemuda Desa Rowoboni yang mempunyai hobi adventure. Untuk tiket masuknya sangat murah sekali yaitu Rp.3000 rupiah. Kalau mau datang kesini lebih baik di waktu siang karena airnya sangat segar sekali, dan jam operasional buka mulai pukul 08.00-17.00 wib.

LOKASI MUNCUL RIVER TUBING

Lokasi Muncul River Tubing ini terletak di Jalan Raya Muncul Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semaang Jawa Tengah. Lokasinya sangat dekat dekat kolam renag alami Muncul dan waterpark Muncul, atau pintu masuknya tepat di samping barat Waterpark Muncul dan lokasinya berada di belakang Waterpark Muncul dan Kolam Renang Alami Muncul. Untuk menuju kesini sangat lah mudah yaitu bisa lewat jalur alternatif Ambarawa – Salatiga atau bisa juga cari lewat google maps.

JERNIHNYA SUNGAI MUNCUL

Sungai Muncul ini sangat jernih sekali airnya, karena air yang mengalir  di sungai Muncul ini paling banyak berasal dari mata air dan dari gunung. Jadi sungainya itu jernih banget sampai batu-batu di bawahnya itu kelihatan. Sebagai oang daerah pesisir, melihat sungai yang sangat jernih ini aku sangat bahagia sekali karena di dekat rumahku tidak ada sungai yang airnya sangat jernih dan segar banget seperti di sungai Muncul ini.

Buat kalian yang takut bermain river tubing, kalian tak perlu khawatir karena ada alternatifnya yaitu bermain air saja di sungai muncul, kedalamannya sekitar 70 cm dan arusnya juga tidak deras. Jadi sangat cocok untuk bermain besama anak-anak namun harus tetap diawasi. Saking bahagianya karena airnya yang jernih dan segar aku sampai malas untuk pulang. Selain mandi di sungai kita juga bisa menyewa ban buat bermain-main, ada yang ukuran anak-anak hingga orang dewasa.

SERUNYA MENYUSURI SUNGAI MUNCUL

Bermain river tubing di River Tubing Muncul ini sangat asyik sekali, awalnya aku agak takut untuk bermain river tubing karena dulu punya pengalaman yang kurang enak saat bermain river tubing di daerah Singorojo Kabupaten Kendal, jadi dulu aku hampir tenggelam karena sungai yang digunakan sangat besar dan arusnya deras. Namun setelah mendapat arahan dai pemandu, ternyata sungai yang digunakan di Muncul River Tubing ini kecil dan arusnya tidak deras, bahkan malah tidak ada jeramnya sama sekali, jadi sangat aman untuk bermain river tubing.

Oh ya untuk bisa menyusuri sungai ini kita harus ikut paket river tubing yang mana harganya mulai dari Rp. 60.000/orang, dengan fasilitas ban sebagai perahu, pelampung, helm, asuransi, dokumentasi , makan besar, angkutan menuju ke lokasi awal seta pemandu yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi. Sebelum rombongan kami menyusuri sungai, kami mendapatkan arahan dari pemandu, yang pertama yaitu kami harus menggunakan pelampung serta helm supaya tetap aman. Selain itu kami juga diarahkan bagaimana cara naik ban yang benar.

Selama perjalanan menyusuri sungai menggunakan ban, mata kita akan dimanjakan oleh hamparan sawah dengan tanaman padi di samping kanan dan kiri. Sebenarnya river tubing di sini tidak terlalu berbahaya karena sungai yang digunakan juga tidak dalam, sungai ini kedalamannya mulai dai 30 -70 cm dan ada beberapa titik yang kedalamannya maksimal 1-2 meter.

Jadi masih cukup aman karena kami juga menggunakan pelampung. Selain itu di sini juga tidak ada jeramnya sama sekali jadi jarang banget yang jatuh dari ban. Salah satu sensasi yang unik di sini yaitu samping kanan kiri sungai masih ditumbuhi tanaman-tanaman liar sehingga jika kita menabrak ya lumayan lah tidak begitu sakit tetapi cuma takut saja kalau ada ulatnya. Oh ya di kanan kiri sungai ini juga ada beberapa titik yang ditumbuhi tanaman berduri, tapi kita akan diberitahu oleh pemandu agar tetap waspada dan berhati-hati.

Perjalanan menyusuri sungai ini sangat asyik sekali kaena sesekali kita saling memercikkan air ke teman-teman yang lain. Tak terasa jarak sekitar 1,5 km sudah kami lalui dengan waktu sekitar 40 menit. Rasanya puas banget bermain river tubing di sini karena sudah lama banget tidak bermain river tubing. Dan akhirnya kita semua sudah sampai di garis finish dengan selamat dan mobil angkutan sudah menunggu kita untuk kembali ke lokasi awal.

FASILITAS DI MUNCUL RIVER TUBING



Fasilitas di Muncul River Tubing ini sudah sangat lengkap sekali, mulai dari toilet, kamar mandi, warung makan, toko penjual jajanan dan minuman, mushola, dan masih banyak lagi. Setelah selesai bermain river tubing biasanya perut kita akan lapar, tapi tenang saja karena kita akan mendapatkan fasilitas makan besar karena sudah satu paket. Kalau kalian hanya mau makan siang di sini juga bisa banget karena sudah tersedia warung dengan model lesehan yang bisa muat hingga 50 orang.

Selain itu di Muncul river tubing ini juga menyediakan paket outbond, gathering, dan adventure. Buat kalian yang mau mengadakan acara atau bermain river tubing dengan rombongan yang cukup banyak sebaiknya reservasi dulu. Untuk informasi lebih jelas kalian bisa hubungi Instagram : @munculrivertubing_official atau twitter : @RT_Muncul atau Facebook : Muncul River Tubing atau hubungi Mas Yazid : 081233376440 / 085641502248.

#FamtripKabSMG2021

 




1 Komentar

  1. Aku kok belum puas ya..pingin kesitu lg ah..lbh jauh jaraknya. Asyiknya mmg rame2 sih

    BalasHapus