Berburu Kuliner di Pasar Ramadhan Depan Masjid Agung Kauman Semarang

Pasar Ramadhan depan Masjid Kauman Semarang

Halo sahabat Si Klimis ......
Selamat menunaikan ibadah puasa..... Bagaimana puasanya ...? masih kuat gak ? Eh puasa puasa begini ngomongin makan bisa batal gak sih puasanya....? tenang saja, tidak batal kalau ngomonginnya tidak sambil makan ya.Nah kali ini Si Klimis mau mengajak kalian untuk berburu kuliner di pasar ramadhan, tenang saja kita berburu kulinernya untuk berbuka puasa tentunya.


Masjid Agung Kauman Semarang tampak dari depan

Masjid Agung Kauman Semarang


Hari senin tanggal 21 Mei 2018 sekitar pukul 15.06 saya sampai di Masjid Agung Kauman Semarang. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1749 M ini masih berdiri kokoh sampai saat ini dan dahulu masjid ini juga menjadi pusat perkembangan islam di tanah jawa. Kebetulan pas sampai di sana bertepatan dengan waktu sholat ashar, akhirnya sebelum menjelajahi pasar ramadhan saya sempatkan dulu untuk sholat ashar berjamaah di masjid agung kauman Semarang. Jujur saya agak terkejut melihat banyaknya jamaah yang sholat ashar disana, dan setelah selesai sholat ashar saya sempatkan bertanya dengan salah satu penjaga masjid agung kauman Semarang.


Ternyata setiap bulan ramadhan setelah sholat dhuhur sampai Ashar disini ada kegiatan pengajian yang dipimpin oleh Ulama' setempat yang sudah ada sejak dari dulu, dan jama'ah yang ikut pengajian ini sangat banyak sekali baik itu umat islam laki-laki ataupun perempuan yang berasal dari berbagai daerah di kota Semarang ataupun sekitar kota Semarang.


Sebagian lapak di pasar ramadhan.

Bulan suci ramadhan di kota Semarang kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke pasar ramadhan, di sepanjang jalan di depan masjid agung kauman Semarang ini selama bulan ramadhan banyak sekali tenda tenda berdampingan, buat kalian yang belum tahu ada apa sih disana ....? Nah di depan masjid agung kauman Semarang ini setiap sore selama bulan ramadhan ada pasar ramadhan atau yang lebih di kenal dengan istilah PAJANGAN  (Pasar Jajanan Semarangan), pasar ramadhan ini adalah pasar yang sudah ada lumayan cukup lama ini hanya buka pada bulan ramadhan sejak pukul 14.00 - 18.00 wib.


Pasar ramadhan ini menyediakan berbagai macam kuliner, mulai dari kuliner Jawa hingga kuliner Arab, Waow menggoda sekali ya......Ini cocok sekali buat kalian yang suka kulineran ataupun yang males masak buat berbuka puasa, pasar ramadhan ini bisa jadi alternatif buat kalian untuk berburu kuliner, karena disini banyak sekali variasi menu berbuka puasa.


Ini gaes daftar beberapa kuliner yang berada di pasar ramadhan yang wajib kalian coba, dan pastinya bakal membuat kalian ingin datang kesini terus, diantaranya :


1. NASI KEBULI



Yang paling unik di pasar ramadhan ini adalah penjual nasi kebuli Arab yang sudah sangat melegenda yaitu nasi kebuli Arab bang Salim. Beliau ini adalah keturunan India dan sudah puluhan tahun berjualan nasi kebuli Arab ini, tidak hanya berjualan setiap bulan suci Ramadhan saja, tetapi beliau berjualan setiap hari juga selain di bulan ramadhan.


Nasi kebuli Arab ini enak banget karena bumbunya terasa dan dagingnya itu empuk banget.
Harganya juga murah,satu porsi nasi kebuli Arab bang Salim ini cuma di bandrol Rp.15.000 saja,(wah cukup terjangkau ya) cuma Rp.15.000 kita bisa makan nasi kebuli Arab bang Salim yang super enak ini.Selain itu nasi kebuli Arab bang Salim ini juga bisa menerima pesanan loh,nih tak kasih nomornya (nasi kebuli Arab bang Salim : 085726703301) siapa tahu kalian pengen pesan ataupun mau beli dalam porsi banyak.


Cara berjualan nasi kebuli Arab bang Salim ini juga cukup unik,karena beliau berjualan tidak memakai tenda seperti pedagang pedagang yang lainnya.Tetapi beliau menggunakan motornya untuk berjualan.


2. KULINER TRADISIONAL


Aneka kuliner tradisional


Disini kuliner khas jawa sangat mendominasi, ya maklumlah namanya juga di jawa. Ada berbagai macam kuliner khas jawa yang enak dan mantap tersedia disini , mulai dari yang berkuah ataupun kering, yang di goreng ataupun dibakar, semua tersedia disini.


Ada pepes ikan, ayam goreng,  gudeg, sayur lodeh, pecel, tahu tempe bacem, opor ayam, aneka gorengan, nasi bakar dan lain lain. Ya ampun ini makanan enak semua, sampai bingung mau beli yang mana. Mencium aromanya saja sudah tak sabar ingin berbuka puasa.


3. JAJANAN TRADISONAL


Jajanan Tradisional

Beberapa orang menyebut pasar iini dengan sebutan PAJANGAN  (Pasar Jajanan Semarangan) karena memang disini banyak sekali jajanan khas Semarangan yang mungkin saat ini sudah jarang bisa kita jumpai, nah disini kita bisa mencari jajanan khas Semarang yang pastinya lezat dan enak. Yuk dipilih jajanannya mas (tutur mbak penjual jajan) ketika saya menghampiri lapak jajanan ini, terus saya tanya jajanannya apa aja mbak ? lalu mbaknya menjawab dengan senyuman ramah khas orang Semarang, disini ada berbagai macam jajanan mas, ad lemper, putu ayu, tahu bakso, klepon, kolak, nogosari, dan lain-lain.


Dan harga jajanan tradisiional disini itu murah murah banget loh gaes, jajanan disini itu harganya mulai dari Rp.2000 hingga Rp.5000 perbijnya. Nah tanpa berpikiir panjang langsung saja saya beli jajanan tradisional yang lezat dan maknyus ini buat berbuka puasa. Saya beli martabak, nogosari,putu ayu,dan kolak buat cemilan ketika berbuka puasa, duh maaf ya kalau belinya banayak banget, maklumlah saya itu orangnya suka khilaf kalau lihat yang harganya murah apalagi rasanya juga enak.


4. BUBUR TAKJIL


Aneka bubur takjil


Setelah muter - muter mengelilingi lapak - lapak di pasar ramadhan , Si Klimis akhirnya menemukan lapak yang dari tadi dicari tapi tidak ketemu - ketemu,( seperti jodohku yang sampai saat ini belum ketemu ) duh jadi curhat ya.....Ini dia lapak yang jualan bubur takjil, disini ada beberapa macam bubur takjil yang super enak. Ada bubur sumsum, bubur ketan, bubur candil, dan lain - lain. Dan harganya itu murah banget, satu cup bubur disini itu cuma Rp.5000. Ya ampun murah banget ya, cuma dengan Rp.5000 kalian bisa mendapatkan bubur takjil yang super delicious ini. Dan sayapun langsung membeli satu bubur takjil ini.


Wah jadi sudah tidak sabar ingin makan takjil bubur nih , tapi harus sabar dulu karena waktu berbuka puasa belum tiba. Aneka bubur takjil disini itu memakai gula pasir dan gula jawa jadi manisnya itu alami, jadi tenang saja bubur takjil disini tidak memakai pemanis buatan.


5. ES TELER DURIAN


Segarnya Es Teler Durian

Setelah membeli bubur takjil, kemudian saya jalan-jalan lagi menyusuri tenda-tenda lapak dan tak sengaja mencium bau durian yang sangat menggoda, ternyata ada lapak yang menjual es teler durian.
Wah jadi pengen nih, tapi sudah beli jajanan pasar dan bubur takjil. Duh jadi galau nih mau beli es teler durian gak ya.....? mencium bau duriannya saja sudah terasa pasti enak banget.


Akhirnya saya putuskan tidak beli dulu karena sudah beli banyak makanan dan minuman nanti takutnya malah tidak dimakan semua,kan jadi mubadzir. Jadi kalau ke pasar ramadhan ini kalian harus selektif membeli dan jangan khilaf ya gaes, belilah makanan sesuai kebutuhan kalian dan jangan beli banyak-banyak nanti kalau gak dimakan malah jadi mubazhir, karena diluar sana masih banyak orang-orang yang susah untuk makan. Dan es teler durian ini juga bisa kalian dapatkan via GO FOOD dan ini juga ada nomor Hp nya (081 226 846 072) kalau kalian mau pesen porsi besar.


6. KURMA


Penjual Kurma

Selain makanan-makanan berat dan jajanan tradisional disini juga ada penjual kurma, wah komplit banget ya gaes.Buah kurma adalah salah satu buah favorit sebagai takjil berbuka puasa, karena rasanya yang manis dan lezat.Dan buah kurma ini juga banyak mengandung vitamin,serat,mineral dan kalsium,sehingga sangat baik untuk kesehatan.


Dan disini ada berbagai jenis kurma, meskipun sekilas hampir sama ternyata buah kurma mempunyai jenis yang lumayan banyak dan rasanya pun berbeda-beda, ada kurma ajwa, kurma thoory, kurma sekky, kurma khalas, kurma mozafati dan masih banyak lagi.Untuk harga kurma disini itu lumayan murah, kalian bisa beli kiloan ataupun yang sudah dikemas.


7. PERLENGKAPAN IBADAH


Lapak Perlengkapan Ibadah


Lapak perlengkapan ibadah

Lanjut jalan lagi ya gaes, ternyata di pasar ramadhan ini tak hanya menyediakan beraneka macam kuliner saja,tetapi pasar ramadhan disini juga menjual berbagai macam perlengkapan ibadah seperti, sajadah, sarung ,peci, tasbih , mukena, baju koko dan lain lain. Gimana gaes,,,,,??? komplit banget kan, kalian disini bisa belanja kuliner ataupun belanja perlengkapan ibadah.


Suasana Macet di pasar ramadhan

Setelah muter muter mencari takjil buat buka puasa tak terasa sudah agak sore, dan semakin sore pasar ramadhan ini semakin ramai pengunjung yang ingin berburu kuliner dan takjil buat buka puasa. Saking banyaknya pengunjung sehingga membuat jalan di depan Masjid Kauman Semarang ini selalu macet.Tapi tenang saja macetnya tidak separah di Jakarta jadi kalian tidak usah khawatir.


Nah ada tips nih buat kalian yang ingin berburu kuliner di pasar ramadhan depan Masjid Agung Kauman Semarang, kalau kalian bawa mobil lebih baik di parkir diluar.Dan yang membawa sepeda motor bisa parkir di sebelah timur pasar ramadhan.


Dan setelah capek keliling pasar ramadhan dan sudah mendapatkan kuliner dan takjil buat berbuka puasa akhirnya saya pulang dengan membawa dua bungkus plastik berisi makanan dan takjil yang pastinya enak dan lezat. Gimana gaes.....? kalian tertarik untuk mencoba aneka kuliner yang berada di pasar ramadhan depan Masjid Agung Kauman Semarang? Langsung saja datang kesana dan pastinya kalian akan tergoda dengan aneka kuliner disana.



#lombamenulisartikel
#ikiakuikisemarangku
#artikelramadhan
#kompetisiasatuid





15 Komentar

  1. Wah, pasarnya lengkap banget.Jadi pengen icip es teler duriannya pas buka puasa nanti.

    BalasHapus
  2. Waaahhh... Kalo baca ini waktu puasa bakalan ngiler banget nihh..

    Lengkap banget yakk.. Semua yang dipengenin ada..

    Tapi aku gak pernah suka sama nasi Kebuli, bentuknya enak banget sihh, tapi pas begitu di makan rasanya gak enak sama sekali. Mungkin karena belum nemu tempat yang enak kali yaa.. Wajib coba di semarang kayaknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kesini lupakan diet ya mbak.... eh nasi kebuli disini enaak bgt loh

      Hapus
  3. Pasar Ramadan ini memang rutin diadakan setiap tahun. Semoga kuliner yang dijual semakin bervariasi dan banyak pilihan :D

    BalasHapus
  4. iya rutin diadakan dan setiap tahun selalu tambah ramai....

    BalasHapus
  5. Aku mau buburnyaaaa...
    Sebagai penggemar bubur , perlu dicoba ah saat bulan Ramadan. Eh tapi penasaran kalau nggak ramadan, penjual buburnya jualan dimana yaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah klo itu aq lupa tanya kak... oke next tak cariin infonya ya

      Hapus
  6. Di antara semuanya, bubur takjil sama es teler durian masuk di daftar buruan paling atas nih kalau ke sana. Favorit bgt. Oh iya, itu bapak penjual nasi kebulinya pas nggak bulan puasa jualannya tetap di dekat masjid kauman kah?

    BalasHapus
  7. Itu nasi kebuli kesukaan bebih bangetttt, udahlah pokoknya recommended banget nggak ada yg nandingin nasi kebulinya pak salim

    BalasHapus
  8. Nasiii Kebulii lanjut Es Durian... pulang-pulang kolesterol tinggi wkwkwk... jadi ngiler aku baca postingan ini. Nunggunya masih lama :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nasi kebuli ada terus mbak tiap hari ...jadi gak harus nunggu bulan ramadhan... udah tak cantumkan nomor hp penjualan juga tuh... hehee

      Hapus
  9. Wah menunya lengkap gitu ya, bisa nih tahun depan berburu kuliner ramadhannya 😊

    BalasHapus
  10. semoga kita semua bisa berjumpa dengan bulan ramdhan yg penuh berkah di tahun depan...

    BalasHapus
  11. Jadi ini adanya cuma pas Ramadan aja, Zain? Aku penasaran banget sama Nasi Kebuli ini. Dulu pernah diceritain teman kalo nasi kebuli yg di Masjid Kauman itu enak banget. Jualannya pake sepeda motor, kan ya.

    BalasHapus