Langsung ke konten utama

Berburu Kuliner di Pasar Ramadhan Depan Masjid Agung Kauman Semarang

Pasar Ramadhan depan Masjid Kauman Semarang

Halo sahabat Si Klimis ......
Selamat menunaikan ibadah puasa..... Bagaimana puasanya ...? masih kuat gak ? Eh puasa puasa begini ngomongin makan bisa batal gak sih puasanya....? tenang saja, tidak batal kalau ngomonginnya tidak sambil makan ya.Nah kali ini Si Klimis mau mengajak kalian untuk berburu kuliner di pasar ramadhan, tenang saja kita berburu kulinernya untuk berbuka puasa tentunya.


Masjid Agung Kauman Semarang tampak dari depan

Masjid Agung Kauman Semarang


Hari senin tanggal 21 Mei 2018 sekitar pukul 15.06 saya sampai di Masjid Agung Kauman Semarang. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1749 M ini masih berdiri kokoh sampai saat ini dan dahulu masjid ini juga menjadi pusat perkembangan islam di tanah jawa. Kebetulan pas sampai di sana bertepatan dengan waktu sholat ashar, akhirnya sebelum menjelajahi pasar ramadhan saya sempatkan dulu untuk sholat ashar berjamaah di masjid agung kauman Semarang. Jujur saya agak terkejut melihat banyaknya jamaah yang sholat ashar disana, dan setelah selesai sholat ashar saya sempatkan bertanya dengan salah satu penjaga masjid agung kauman Semarang.


Ternyata setiap bulan ramadhan setelah sholat dhuhur sampai Ashar disini ada kegiatan pengajian yang dipimpin oleh Ulama' setempat yang sudah ada sejak dari dulu, dan jama'ah yang ikut pengajian ini sangat banyak sekali baik itu umat islam laki-laki ataupun perempuan yang berasal dari berbagai daerah di kota Semarang ataupun sekitar kota Semarang.


Sebagian lapak di pasar ramadhan.

Bulan suci ramadhan di kota Semarang kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke pasar ramadhan, di sepanjang jalan di depan masjid agung kauman Semarang ini selama bulan ramadhan banyak sekali tenda tenda berdampingan, buat kalian yang belum tahu ada apa sih disana ....? Nah di depan masjid agung kauman Semarang ini setiap sore selama bulan ramadhan ada pasar ramadhan atau yang lebih di kenal dengan istilah PAJANGAN  (Pasar Jajanan Semarangan), pasar ramadhan ini adalah pasar yang sudah ada lumayan cukup lama ini hanya buka pada bulan ramadhan sejak pukul 14.00 - 18.00 wib.


Pasar ramadhan ini menyediakan berbagai macam kuliner, mulai dari kuliner Jawa hingga kuliner Arab, Waow menggoda sekali ya......Ini cocok sekali buat kalian yang suka kulineran ataupun yang males masak buat berbuka puasa, pasar ramadhan ini bisa jadi alternatif buat kalian untuk berburu kuliner, karena disini banyak sekali variasi menu berbuka puasa.


Ini gaes daftar beberapa kuliner yang berada di pasar ramadhan yang wajib kalian coba, dan pastinya bakal membuat kalian ingin datang kesini terus, diantaranya :


1. NASI KEBULI



Yang paling unik di pasar ramadhan ini adalah penjual nasi kebuli Arab yang sudah sangat melegenda yaitu nasi kebuli Arab bang Salim. Beliau ini adalah keturunan India dan sudah puluhan tahun berjualan nasi kebuli Arab ini, tidak hanya berjualan setiap bulan suci Ramadhan saja, tetapi beliau berjualan setiap hari juga selain di bulan ramadhan.


Nasi kebuli Arab ini enak banget karena bumbunya terasa dan dagingnya itu empuk banget.
Harganya juga murah,satu porsi nasi kebuli Arab bang Salim ini cuma di bandrol Rp.15.000 saja,(wah cukup terjangkau ya) cuma Rp.15.000 kita bisa makan nasi kebuli Arab bang Salim yang super enak ini.Selain itu nasi kebuli Arab bang Salim ini juga bisa menerima pesanan loh,nih tak kasih nomornya (nasi kebuli Arab bang Salim : 085726703301) siapa tahu kalian pengen pesan ataupun mau beli dalam porsi banyak.


Cara berjualan nasi kebuli Arab bang Salim ini juga cukup unik,karena beliau berjualan tidak memakai tenda seperti pedagang pedagang yang lainnya.Tetapi beliau menggunakan motornya untuk berjualan.


2. KULINER TRADISIONAL


Aneka kuliner tradisional


Disini kuliner khas jawa sangat mendominasi, ya maklumlah namanya juga di jawa. Ada berbagai macam kuliner khas jawa yang enak dan mantap tersedia disini , mulai dari yang berkuah ataupun kering, yang di goreng ataupun dibakar, semua tersedia disini.


Ada pepes ikan, ayam goreng,  gudeg, sayur lodeh, pecel, tahu tempe bacem, opor ayam, aneka gorengan, nasi bakar dan lain lain. Ya ampun ini makanan enak semua, sampai bingung mau beli yang mana. Mencium aromanya saja sudah tak sabar ingin berbuka puasa.


3. JAJANAN TRADISONAL


Jajanan Tradisional

Beberapa orang menyebut pasar iini dengan sebutan PAJANGAN  (Pasar Jajanan Semarangan) karena memang disini banyak sekali jajanan khas Semarangan yang mungkin saat ini sudah jarang bisa kita jumpai, nah disini kita bisa mencari jajanan khas Semarang yang pastinya lezat dan enak. Yuk dipilih jajanannya mas (tutur mbak penjual jajan) ketika saya menghampiri lapak jajanan ini, terus saya tanya jajanannya apa aja mbak ? lalu mbaknya menjawab dengan senyuman ramah khas orang Semarang, disini ada berbagai macam jajanan mas, ad lemper, putu ayu, tahu bakso, klepon, kolak, nogosari, dan lain-lain.


Dan harga jajanan tradisiional disini itu murah murah banget loh gaes, jajanan disini itu harganya mulai dari Rp.2000 hingga Rp.5000 perbijnya. Nah tanpa berpikiir panjang langsung saja saya beli jajanan tradisional yang lezat dan maknyus ini buat berbuka puasa. Saya beli martabak, nogosari,putu ayu,dan kolak buat cemilan ketika berbuka puasa, duh maaf ya kalau belinya banayak banget, maklumlah saya itu orangnya suka khilaf kalau lihat yang harganya murah apalagi rasanya juga enak.


4. BUBUR TAKJIL


Aneka bubur takjil


Setelah muter - muter mengelilingi lapak - lapak di pasar ramadhan , Si Klimis akhirnya menemukan lapak yang dari tadi dicari tapi tidak ketemu - ketemu,( seperti jodohku yang sampai saat ini belum ketemu ) duh jadi curhat ya.....Ini dia lapak yang jualan bubur takjil, disini ada beberapa macam bubur takjil yang super enak. Ada bubur sumsum, bubur ketan, bubur candil, dan lain - lain. Dan harganya itu murah banget, satu cup bubur disini itu cuma Rp.5000. Ya ampun murah banget ya, cuma dengan Rp.5000 kalian bisa mendapatkan bubur takjil yang super delicious ini. Dan sayapun langsung membeli satu bubur takjil ini.


Wah jadi sudah tidak sabar ingin makan takjil bubur nih , tapi harus sabar dulu karena waktu berbuka puasa belum tiba. Aneka bubur takjil disini itu memakai gula pasir dan gula jawa jadi manisnya itu alami, jadi tenang saja bubur takjil disini tidak memakai pemanis buatan.


5. ES TELER DURIAN


Segarnya Es Teler Durian

Setelah membeli bubur takjil, kemudian saya jalan-jalan lagi menyusuri tenda-tenda lapak dan tak sengaja mencium bau durian yang sangat menggoda, ternyata ada lapak yang menjual es teler durian.
Wah jadi pengen nih, tapi sudah beli jajanan pasar dan bubur takjil. Duh jadi galau nih mau beli es teler durian gak ya.....? mencium bau duriannya saja sudah terasa pasti enak banget.


Akhirnya saya putuskan tidak beli dulu karena sudah beli banyak makanan dan minuman nanti takutnya malah tidak dimakan semua,kan jadi mubadzir. Jadi kalau ke pasar ramadhan ini kalian harus selektif membeli dan jangan khilaf ya gaes, belilah makanan sesuai kebutuhan kalian dan jangan beli banyak-banyak nanti kalau gak dimakan malah jadi mubazhir, karena diluar sana masih banyak orang-orang yang susah untuk makan. Dan es teler durian ini juga bisa kalian dapatkan via GO FOOD dan ini juga ada nomor Hp nya (081 226 846 072) kalau kalian mau pesen porsi besar.


6. KURMA


Penjual Kurma

Selain makanan-makanan berat dan jajanan tradisional disini juga ada penjual kurma, wah komplit banget ya gaes.Buah kurma adalah salah satu buah favorit sebagai takjil berbuka puasa, karena rasanya yang manis dan lezat.Dan buah kurma ini juga banyak mengandung vitamin,serat,mineral dan kalsium,sehingga sangat baik untuk kesehatan.


Dan disini ada berbagai jenis kurma, meskipun sekilas hampir sama ternyata buah kurma mempunyai jenis yang lumayan banyak dan rasanya pun berbeda-beda, ada kurma ajwa, kurma thoory, kurma sekky, kurma khalas, kurma mozafati dan masih banyak lagi.Untuk harga kurma disini itu lumayan murah, kalian bisa beli kiloan ataupun yang sudah dikemas.


7. PERLENGKAPAN IBADAH


Lapak Perlengkapan Ibadah


Lapak perlengkapan ibadah

Lanjut jalan lagi ya gaes, ternyata di pasar ramadhan ini tak hanya menyediakan beraneka macam kuliner saja,tetapi pasar ramadhan disini juga menjual berbagai macam perlengkapan ibadah seperti, sajadah, sarung ,peci, tasbih , mukena, baju koko dan lain lain. Gimana gaes,,,,,??? komplit banget kan, kalian disini bisa belanja kuliner ataupun belanja perlengkapan ibadah.


Suasana Macet di pasar ramadhan

Setelah muter muter mencari takjil buat buka puasa tak terasa sudah agak sore, dan semakin sore pasar ramadhan ini semakin ramai pengunjung yang ingin berburu kuliner dan takjil buat buka puasa. Saking banyaknya pengunjung sehingga membuat jalan di depan Masjid Kauman Semarang ini selalu macet.Tapi tenang saja macetnya tidak separah di Jakarta jadi kalian tidak usah khawatir.


Nah ada tips nih buat kalian yang ingin berburu kuliner di pasar ramadhan depan Masjid Agung Kauman Semarang, kalau kalian bawa mobil lebih baik di parkir diluar.Dan yang membawa sepeda motor bisa parkir di sebelah timur pasar ramadhan.


Dan setelah capek keliling pasar ramadhan dan sudah mendapatkan kuliner dan takjil buat berbuka puasa akhirnya saya pulang dengan membawa dua bungkus plastik berisi makanan dan takjil yang pastinya enak dan lezat. Gimana gaes.....? kalian tertarik untuk mencoba aneka kuliner yang berada di pasar ramadhan depan Masjid Agung Kauman Semarang? Langsung saja datang kesana dan pastinya kalian akan tergoda dengan aneka kuliner disana.



#lombamenulisartikel
#ikiakuikisemarangku
#artikelramadhan
#kompetisiasatuid





Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…

Festival Karimun Jawa 2018 : Semarak Indah Alam Dan Budaya

Sepertinya diri ini belum bisa move on dari kemeriahan FESTIVAL KARIMUNJAWA 2018. Ya gimana lagi, ini pertama kalinya aku hadir di acara yang super keren ini, Banyak sekali kenangan manis di pulau terindah se Jawa Tengah ini. Ternyata Karimunjawa tak hanya mempunyai keindahan alam dan bawah lautnya saja, tetapi juga memepunyai keseinan dan budaya yang sangat memesona. Jadi memang pantas jika Karimunjawa mendapat predikat ''THE PARADISE OF CENTRAL JAVA'' atau surganya Jawa Tengah.

Pagi itu Jumat 28 September, suasana di pelabuhan Kartini Jepara tak seperti biasanya, kali ini lebih ramai dan penuh sesak. Dalam hatiku berkata ''mungkin mereka ingin menyaksikan Festival Karimunjawa 2018''.Seperti biasa aku selalu naik kapal Express Bahari karena lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu. Dan pukul 08.49 wib, aku dan para penumpang lainnya meninggalkan pelabuhan Kartini Jepara, setelah hampir 2 jam perjalanan mengarungi laut yang biru dengan ombak yang cukup …