Selasa, 10 Juli 2018

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


Gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru



Halo sahabat Si klimis.......
     

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.

Gunung Bromo & Gunung Batok

      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang lebih 50.276,3 ha, dan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terdapat beberapa gunung dan salah satunya yaitu gunung tertinggi di pulau jawa yaitu Gunung Semeru yang tingginya 3.676 mdpl. Gunung-gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini lumayan banyak sekali diantaranya Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Widodaren dan masih banyak lainnya.


Salah Satu Satwa Yang Hidup Di TNBTS

      Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini juga terdapat berbagai macam flora dan fauna, pohon pohon yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini banyak yang sudah berumur ratusan tahun, sehingga ukuranya sangat besar dan tinggi, dan diantara pohon-pohon yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini yaitu akasia,cemara gunung,centigi dan lain lain. Sedangkan satwa yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini diantaranya yaitu rusa, kera ekor panjang, luwak, macan tutul, ayam hutan merah, kijang, elang jawa, dan masih banyak lagi.


Jalan Menuju Gunung Bromo 


      Perjalanan saya menuju Gunung Bromo dimulai pada hari sabtu, 30 Juni 2018. Saya berangkat dari rumah teman saya yang berada di Desa Senduro Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur, karena kebetulan dari daerah Senduro ke Gunung Bromo lumayan jauh jadi saya berangkat pukul 06.00 wib dan udara saat itu masih dingin sekali, karena saya dan teman saya berangkat naik sepeda motor jadi dingin nya sampai menusuk tulang. Jarak dari Desa Senduro ke Gunung Bromo sebenarnya hanya cuma melewati dua desa saja yaitu Desa Burno dan Desa Ranu pani, akan tetapi dua desa ini ternyata jaraknya lumayan jauh sekitar 35 km dari Desa Senduro sampai ke Gunung Bromo. Setelah melewati Desa Burno saya memasuki pintu gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, saya sangat terkejut karena di sambut dengan pohon-pohon yang tinggi, besar dan berdaun lebat. Sebelumnya saya belum tahu sama sekali kalau jalur dari Desa Senduro menuju Gunung Bromo ternyata melewati hutan yang sangat lebat.

Hutan yang sangat lebat 


      Melewati hutan yang masih alami dan sangat lebat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini adalah pengalaman pertama dalam hidup saya, jadi ini sungguh sangat luar biasa sekali karena saya bisa melihat secara langsung hutan yang sangat luas dan masih alami. Maklum saya tinggal di daerah pinggiran kota, jadi jarang sekali melihat hutan yang seluas ini. Jujur saya sangat takut sekali melewati hutan yang di penuhi pohon-pohon yang tinggi, besar dan daun nya lebat ini, Bagaimana tidak takut, sepanjang jalan di hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hanya dipenuhi pohon-pohon yang sangat lebat, bahkan tidak ada rumah warga satupun disana, memang jalan yang saya lalui sudah bagus dan lumayan ramai, sesekali ada motor dan mobil yang lewat tetapi saya masih saja takut kalau tiba-tiba ada binatang buas yang lewat lalu menyerang kami berdua, kan seram banget tuh apalagi kami berdua naik sepeda motor jadi susah untuk menghindar. Dan selama perjalanan melewati hutan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini saya selalu berdo’a supaya diberi keselamatan dan tidak terjadi apa-apa, ya gimana lagi saya kan belum nikah cuy.


Peraturan Yang Harus Dipatuhi

      Buat kalian yang sekedar melewati hutan atau pun pergi ke hutan, kalian juga harus mematuhi peraturan yang berlaku sesuai Undang Undang Nomor 41 Tahun 1999 pasal 50 ayat 3 , bagi yang melanggar akan diancam dengan pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak 1 milyar.
Dan ini beberapa peraturan yang harus kalian patuhi diantaranya :

1. JANGAN MENYALAKAN API
Karena api bisa menyebabkan kebakaran hutan, seperti contoh kecil yaitu menyalakan rokok di hutan lalu membuang puntung rokok yang masih ada bara apinya meskipun kecil itu bisa menyebabkan kebakaran hutan. Selain itu juga ketika kalian menyalakan api unggun jangan lupa setelah selesai api harap dipadamkan karena kalau tidak di padamkan itu juga bisa menjadi penyebab terbakar nya hutan.  

2. JANGAN MENEBANG POHON
Karena dengan menebang pohon secara liar bisa menyebabkan kerusakan hutan, yang mana jika hutan rusak bisa mengakibatkan berbagai macam bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, erosi dan pemanasan global. Selain itu pohon-pohon yang berada di hutan juga sebagai habitat dan sumber kehidupan para satwa-satwa

3.JANGAN BERBURU SATWA
Karena dengan berburu satwa bisa mengakibatkan satwa-satwa yang berada di hutan akan punah, serta mengganggu keseimbangan ekosistem. Tak hanya itu saja, satwa-satwa yang habitatnya di hutan bisa berpindah ke pemukiman penduduk karena takut di buru oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab.


4. JANGAN BUANG SAMPAH DI HUTAN
Karena hutan bukanlah tempat sampah, jadi jangan membuang sampah di hutan. Karena dampak yang ditimbulkan dari sampah itu berbahaya sekali apalagi sampah non organik yang tidak bisa terurai itu bisa merusak ekosistem hutan.

Nah buat kalian gaes yang ingin bepergian ke hutan, peraturan tadi harap di patuhi karena kalau kalian melanggar itu bisa berakibat sangat fatal. 


Manfaat Hutan Untuk Makhluk Hidup

      Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat luar biasa, karena banyak sekali manfaat hutan baik itu untuk manusia atau pun untuk makhluk hidup lainnya. Sebagai warga negara Indonesia kita harus bersyukur karena Indonesia memiliki hutan yang sangat luas sekali.

Beberapa manfaat hutan untuk makhluk hidup diantaranya :


1.HUTAN SEBAGAI HABITAT SATWA

Setengah dari berbagai species flora dan fauna yang ada di muka bumi ini hidup di dalam hutan, karena di hutan satwa-satwa bisa hidup dengan bebas dan tanpa batas.
 
2. PENCEGAH BANJIR DAN TANAH LONGSOR

Hutan yang berada di bumi ini berfungsi sebagai penyerap air sehingga bisa mencegah terjadinya banjir, dan sekaligus sebagai penahan tanah agar tidak terjadi longsor.



3. HUTAN SEBAGAI PENYERAP DAN PENYIMPAN KARBONDIOKSIDA

Seluruh pohon-pohon yang berada di hutan itu bisa menyerap CO2 (Karbondioksida) dari permukaan atmosfer bumi serta menyimpannya di dalam daun, akar dan tanah.

4. HUTAN SEBAGAI TEMPAT WISATA 

Pemandangan di hutan yang sangat indah, dengan adanya berbagai pohon yang cantik membuat banyak masyarakat yang memanfaatkannya sebagai tempat berwisata, baik bersama keluarga, sahabat ataupun kekasih. Seperti hutan pinus Kragilan yang berada di Kabupaten Magelang, yang saat ini masih ramai di datangi para wisatawan.

5. MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA

Banyak sekali hasil dari hutan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, seperti contoh sebagai bahan baku aneka produk untuk memenuhi kebutuhan manusia itu berasal dari hutan, jadi tak bisa dipungkiri bahwa kontribusi dari hutan untuk manusia itu banyak sekali.

     Dan itulah beberapa manfaat hutan untuk manusia, yang mana hutan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, tak hanya manusia saja, tetapi hutan juga sangat penting untuk kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup yang ada dibumi, jadi mari kita jaga hutan ini agar bisa tetap lestari dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.



Dari perjalanan melewati hutan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini saya bisa mendapatkan manfaat yang banyak sekali, dan mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan bisa mendapatkan manfaat yang sebanyak ini. Dan ini beberapa manfaat yang saya dapatkan diantaranya :



1. Bisa menghirup udara segar

Jalan-jalan ke hutan itu sangat bermanfaat sekali bagi seseorang yang biasanya hidup di perkotaan, karena di hutan kita bisa menghirup udara segar yang masih alami dengan sepuasnya tanpa takut adanya polusi seperti di perkotaan.

2. Menambah ilmu dan wawasan

Manfaat jalan jalan ke hutan selanjutnya yaitu bisa menambah ilmu dan wawasan, karena di hutan kita bisa banyak belajar tentang jenis-jenis flora dan fauna, bahkan kalian juga bisa melihat langsung kehidupan satwa-satwa yang berada di hutan. Dan seringkali banyak mahasiswa yang rela hidup berhari-hari di hutan untuk meneliti tentang flora dan fauna. Jadi tidak terbayangkan ternyata di hutan kita juga bisa mendapatkan ilmu yang banyak sekali.


3. Menambah pengalaman

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, di hutan kalian bakal mendapat pengalaman yang tidak bisa terlupakan dan tidak ternilai harganya, seperti yang saya dapatkan kemarin, karena di hutan kalian harus hidup langsung berbaur dengan alam tanpa ada batasan apapun, bisa langsung berinteraksi dengan satwa-satwa, bisa melihat keindahan pohon-pohon, jadi itu bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan tak akan terlupakan.

4. Menambah rasa syukur

Mengapa demikian, karena hidup di hutan itu butuh perjuangan yang sangat extra dan tidak ada yang instan, di hutan tidak ada listrik, tidak ada sinyal, tidak ada angkutan umum, tidak ada ledapeda makanan dan lain sebagainya. Tidak seperti di perkotaan yang semuanya serba mudah dan instan, jadi kita harus lebih bersyukur karena bisa hidup dengan serba mudah.


5.Menjadi lebih mencintai hutan

Rasa cinta terhadap hutan akan kita dapatkan ketika kita pergi ke hutan, karena kita bisa langsung merasakan betapa indahnya hutan, betapa bermanfaat nya hutan bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini, sehingga kita akan selalu menjaga dan merawat hutan agar tetap lestari.



Foto kenangan di Hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


Itulah sedikit cerita seru saya dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, semoga bisa bermanfaat buat kalian. Dan mari kita jaga hutan ini Karena banyak sekali manfaat hutan untuk kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi ini.

SALAM LESTARI


Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Kemeriahan Acara Kadeso Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan buda...