Langsung ke konten utama

Rafting Asyik Di Sungai Elo Kabupaten Magelang


Rafting Di Sungai Elo

Halo sobat wisata.................
Kalau berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, pasti tidak akan pernah ada habisnya. Karena di Kabupaten Magelang itu banyak sekali destinasi wisata yang keren-keren. Mulai dari wisata budaya, wisata religi, wisata edukasi, wisata alam, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Kabupaten Magelang yang kaya akan seni dan budayanya, keaneka ragaman kulinernya serta keindahan alamnya ini akan membuat kalian susah move on dari Kabupaten Magelang.



Sebelum Rafting 

Komunitas IndoManUtd Kendal

Salah satu destinasi wisata yang mungkin banyak orang takut mencobanya yaitu wisata adventure menyusuri Sungai Elo. Sebenarnya di Kabupaten Magelang ini ada dua sungai yang digunakan untuk rafting yaitu Sungai Elo dan Sungai Progo, akan tetapi bulan Oktober lalu saya mencoba rafting di Sungai Elo. Sungai Elo ini berasal dari Gunung Merbabu dan bermuara di pantai selatan, jika kalian ingin rafting di Sungai Elo, kalian harus memilih operator rafting yang keamanannya sudah  berstandar Nasional ataupun Internasional, sedangkan di Sungai Elo ini ada beberapa operator rafting yang sudah berstandar Nasional ataupun Internasional yang bisa kalian pilih diantaranya :Bali Parafise Rafting, Citra Elo Rafting, Kompas Adventure, Elorivers Adventure dan masih banyak lagi. Kebetulan rafting kali ini saya dan teman-teman Indomanutd Kendal menggunakan jasa Bali Paradise Rafting, karena lokasinya yang strategis, harganya ekonomis dan yang terpenting keamanannya terjamin.



LETAK LOKASI

Untuk menuju ke lokasi Bali paradise rafting sangat mudah sekali, karena dekat dengan jalan raya, tepatnya di Dusun Bojong Desa Mendut Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang atau Jalan Mayor Kusen, Mendut 2, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dan titik point dimulainya rafting yaitu di Dusun Gedangan Desa Blondo Kecamatan Mungkid. Untuk kalian mungkin yang masih bingung dengan lokasi tersebut kalian bisa langsung  saja cari di goegle maps.

BIAYA

Biaya rafting di Bali Paradise cukup terjangkau yaitu Rp.750.000/perahu, atau kalau di hitung perorangan itu bayarnya 125 ribu karena satu perahu karet maksimal 6 orang, biaya tersebut cukup terjangkau karena dengan fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap. Dengan biaya yang cukup terjangkau ini kalian akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa yaitu menyusuri dan mengarungi jeram Sungai Elo sepanjang 12 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

FASILITAS DAN KEAMANAN

Dan fasilitas disini sudah lengkap sekali, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi. Fasilitas yang disediakan diantaranya yaitu :




1.Transportasi ke tempat di mulainya rafting(start rafting)

Untuk memulai rafting kita harus naik angkot terlebih dahulu dari Bali paradise menuju start rafting yaitu tepatnya di Dusun Gedangan Desa Blondo Kecamatan Mungkid dan angkot ini sudah disediakan fasilitas rafting disini. Dari Bali paradise menuju ke start rafting kira-kira membutuhkan waktu 30 menit perjalanan, jadi semua peralatan rafting termasuk perahu karetnya juga diangkut menggunakan mobil angkot yang kira-kira bisa muat 10 orang.


Gunakan Peralatan Yang Lengkap


2.Peralatan rafting seperti perahu karet, pelampung, helm dan dayung.

Peralatan rafting di Bali paradise rafting ini sudah komplit sekali dan tentunya juga sudah memenuhi standart keamanan bagi pengunjung, jadi kalian tidak usah khawatir akan keselamatan kalian. Karena keamanan pengunjung disini paling diutamakan dengan menerapkan system manajemen dan pelatihan yang berstandart International, diantaranya CPR, SAR dan First Aid, asuransi serta perawatan dan peremajaan rafting equipment yang berkesinambungan. Peralatan rafting yang akan kalian dapatkan yaitu : Perahu karet (boat) yang digunakan untuk rafting, pelampung yang gunanya untuk menjaga kalian agar tidak tenggelam, helm yang gunanya untuk melindungi kepala kalian ketika terbentur benda keras, dayung yang gunanya untuk mengontrol laju perahu.

3.River guide atau pemandu rafting  yang sudah profesional.

Untuk keamanan rafting disini kalian tidak perlu khawatir lagi karena disini setiap satu perahu akan dipandu oleh satu orang pemandu rafting yang sudah profesional yang mana akan mengontrol lajunya perahu selama mengarungi Sungai Elo. Bagi kalian yang pertama kali melakukan rafting jangan takut dan jangan khawatir dengan keselamatan kalian karena pemandu rafting disini sudah berpengalaman dan menjalani pelatihan untuk penyelamatan yang direkomendasikan oleh rescue 3 swiftwater, rescue level dan SOS International, Firts Aid dengan American Afilliation dan Australian Whitewater Standart, selain itu  para pemandu rafting juga sudah menguasai tekhnik rafting sampai tekhnik penyelamatan diri dan pasti akan siap menyelamatkan kalian setiap saat terjatuh ke sungai serta akan memandu kalian untuk menikmati wisata adventure di Sungai Elo ini.

4.Snack dan kelapa muda di rest area.

Ditengah perjalanan rafting kalian akan berhenti dipinggir Sungai Elo untuk istirahat dahulu, dan disana kalian akan mendapatkan snack berupa mendoan (gorengan) dan kelapa muda. Cocok sekali karena setelah beberapa kilometer menyusuri sungai dan mengarungi jeram pasti membuat capek dan lapar. Snack yang disediakan disini bisa membuat kalian tidak lapar meskipun hanya makanan ringan,kelapa muda bisa membuat kalian lebih segar dan tentunya bisa menghilangkan dahaga.



Gazebo di Bali Paradise Rafting 

5.Makan siang di Bali Paradise Rafting.

Setelah 3 jam perjalanan menyusuri Sungai Elo dan menerjang derasnya jeram di Sungai Elo dari jam 10.00 wib sampai jam 13.00 wib, pasti kalian akan lapar dan haus. Ditempat finis yaitu di Bali paradise rafting sudah disediakan makan siang, jadi kalian tidak perlu takut kelaparan karena makan siang sudah siap disediakan. Adapun menu yang disajikan di Bali paradise rafting ini sangat special yaitu ayam goreng, sambal terasi, lalapan. Makan siang pun terasa nikmat karena dalam keadaan lapar, selain itu suasananya  juga  sangat nyaman karena banyak gazebo dipinggir Sungai Elo, pokoknya nikmat sekali dan kalian harus coba.




TIPS UNTUK RAFTING PEMULA

1. Gunakan pakaian yang nyaman seperti : kaos  dan celana training.
 2. Gunakan alat rafting seperti : pelampung, helm, dan dayung.
3.  Jangan membawa barang berharga: kalung, gelang, cincin, kacamata ataupun jam tangan
4. Jangan bawa barang elektronik seperti: Handphone, camera DSLR kalau mau bawa camera bawalah camera jenis action camera
5. Olahraga pmanasan sebelum rafting
6. Selalu ikuti arahan dari river guide
7. Tetap waspada agar tidak terjatuh apalagi di jeram yang deras
9. Ketika jatuh ke sungai jangan takut dan jangan panik
10. Lentangkan badan agar mengambang sehingga mudah ditolong oleh river guide

Itulah beberapa tips untuk kalian yang mungkin baru pertama kali mencoba wisata adventure rafting, dan tak hanya buat pemula saja tetapi tips tadi juga harus digunakan buat kalian yang sudah pernah rafting demi keselamatan dan keamanan. Di Sungai Elo ini sebenarnya arusnya tidak begitu deras dan banyak datarnya sehingga sangat cocok untuk para pemula, meskipun tidak begitu deras tetapi pemandangan yang disajikan di pinggir Sungai Elo sangat mempesona apalagi ditambah segarnya air di Sungai Elo yang lumayan jernih. Dalam perjalanan menyusuri Sungai Elo kalian akan melihat sawah-sawah yang indah, pohon-pohon yang rindang dan kalian juga akan menjumpai beberapa orang yang lagi asyik memancing ikan karena di beberapa titik di Sungai Elo masih banyak ikannya.

Rafting di Bali Paradise Rafting bakal membuat kalian tidak bisa move on karena kalian bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan kuliner yang enak. Setelah rafting kalian juga bisa mampir ke Candi Borobudur dan Candi Mendut karena jaraknya yang cukup dekat dari tempat rafting. Dan untuk jam operasional ali Paradise Rafting ini di buka mulai pukul 08.00 wib dan tutup pukul 16.00 wib dan bagi kalian yang ingin rafting di Bali Paradise rafting sebaiknya booking dulu agar tidak kehabisan perahu karena biasanya sangat ramai.
INFO :
Telepon : 081391641772
Instagram : @Bali Paradise Rafting Magelang

Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…

Berburu Kuliner di Pasar Ramadhan Depan Masjid Agung Kauman Semarang

Halo sahabat Si Klimis ......
Selamat menunaikan ibadah puasa..... Bagaimana puasanya ...? masih kuat gak ? Eh puasa puasa begini ngomongin makan bisa batal gak sih puasanya....? tenang saja, tidak batal kalau ngomonginnya tidak sambil makan ya.Nah kali ini Si Klimis mau mengajak kalian untuk berburu kuliner di pasar ramadhan, tenang saja kita berburu kulinernya untuk berbuka puasa tentunya.





Hari senin tanggal 21 Mei 2018 sekitar pukul 15.06 saya sampai di Masjid Agung Kauman Semarang. Masjid yang dibangun sekitar tahun 1749 M ini masih berdiri kokoh sampai saat ini dan dahulu masjid ini juga menjadi pusat perkembangan islam di tanah jawa. Kebetulan pas sampai di sana bertepatan dengan waktu sholat ashar, akhirnya sebelum menjelajahi pasar ramadhan saya sempatkan dulu untuk sholat ashar berjamaah di masjid agung kauman Semarang. Jujur saya agak terkejut melihat banyaknya jamaah yang sholat ashar disana, dan setelah selesai sholat ashar saya sempatkan bertanya dengan salah satu penjag…