Langsung ke konten utama

Generasi Millenial Harus Menjadi Pejuang Ekonomi Kreatif



Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman.


Memang layak Indonesia mendapatkan predikat tanah surga, karena Indonesia mempunyai kekayaan yang luar biasa, baik itu kaya akan sumber daya alamnya, yang meliputi hutan dan laut yang sangat luas, flora dan fauna yang beraneka ragam. Tak hanya itu saja Indonesia juga kaya akan seni dan budayanya, ratusan bahkan ribuan seni budaya dari Sabang sampai Merauke menjadi milik Indonesia.

Tapi kekayaan itu semua akan sia-sia jika warga Indonesia tidak bisa menjaganya, dan ini saatnya para generasi muda atau yang biasa disebut Generasi Millenial turut serta menjaga kekayaan kita punya agar Indonesia bisa jaya. Karena generasi millenial inilah yang akan menentukakan masa depan bangsa. 


Sebagai generasi millenial aku sangat beruntung sekali bisa mengikuti acara FLASH BLOGGING yang diadakan oleh Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. Acara yang diadakan di PO Hotel Jalan Pemuda No. 118 Kota Semarang ini mengusung tema "4 Tahun Indonesia Kreatif" dan diikuti oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai kalangan diantaranya blogger, netizen dan mahasiswa dari Kota Semarang dan sekitarnya.

Tepat pukul 9.15 wib acara Flash Blogging dimulai, dan dipandu oleh MC yang cantik sehingga membuat suasana menjadi lebih bersahabat. Dan tak lupa sebagai warga Indonesia yang baik kita harus menyanyikan Lagu Kebangsaan INDONESIA RAYA di setiap acara formal sebagai rasa cinta kita terhadap NKRI.


Sambutan dari Ibu Rossarita Niken Widyastuti selaku dari Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Beliau selalu menyerukan bahwa generasi millenial harus selalu melek media karena saat ini media sangat berperan penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Dan menurut Bu Niken bahwa di tahun 2018 ini Indonesia mampu menurunkan angka kemiskinan, dari 10,2% menjadi 9,8%. Tentunya itu semua dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan termasuk dengan adanya dana desa ini diharapkan masyarakat desa bisa berdaya dan berkarya tanpa harus ke Kota.


Selanjutnya yaitu sambutan dari Bapak Andoko Darta selaku Tim Komunikasi Presiden RI. Dalam sambutannya, pak Andoko menyampaikan bahwa saat ini generasi millenial jangan hanya menjadi penonton tetapi juga harus menjadi pelaku usaha dunia kreatif. Karena saat ini ekonomi kreatif sangat berkembang pesat dan sebagian besar dilakukan oleh anak muda, jadi buat kalian generasi millenial segeralah untuk memulai menjadi pejuang ekonomi kreatif karena target di 2030 Indonesia akan menjadi 5 besar ekonomi terbaik dunia.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…