Transportasi Handal Pendukung Pariwisata Nasional



Indonesia adalah salah satu Negara yang menyimpan banyak destinasi wisata alam yang sangat indah, mulai dari gunung, sungai, pantai hingga alam bawah lautnya, selain itu Indonesia juga kaya akan destinasi wisata seni dan budaya seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pura Tanah Lot di Bali dan masih banyak lagi.

Keindahan Indonesia yang begitu memesona membuat banyak wisatawan baik domestik atau pun mancanegara yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Dan dalam dunia pariwisata unsur 3A yaitu : Atraksi, Amenitas dan Aksesbilitas sangatlah penting, karena 3 unsur tersebut bisa membuat pariwisata berkembang dengan pesat. Dan 5 tahun terakhir ini Pemerintah Indonesia mulai menggarap sektor pariwisata dengan serius, karena saat ini sektor pariwisata adalah penyumbang devisa terbesar kedua di Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, tentunya Indonesia mempunyai tantangan yang sangat besar dalam urusan aksesbilitas, karena harus melewati lautan dan daratan. Akan tetapi Kementerian Perhubungan tetap berusaha untuk meningkatkan aksesbilitas pariwisata, karena dengan kemudahan akses akan meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan perekonomian di Indonesia. 



Dan Indonesia termasuk salah satu negara di dunia yang mempunyai alat transportasi yang sangat lengkap, mulai dari transportasi darat (Bus, Kereta Api) ada juga transportasi laut (Kapal Laut) dan transportasi udara (Pesawat Terbang). Lengkapnya moda transportasi di Indonesia membuat para wisatawan semakin mudah untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Indonesia. 

Dan sebagai seorang yang suka mengunjungi berbagai destinasi wisata di Indonesia, aku sangat bangga dengan moda transportasi yang ada di Indonesia saat ini. Karena 5 tahun terakhir ini aku merasakan perubahan yang sangat signifikan, tentunya ini berkat kolaborasi antar berbagai pihak termasuk salah satunya Kementerian Perhubungan. Sehingga sekarang perjalananku menjelajahi berbagai destinasi wisata di Indonesia semakin mudah, aman dan nyaman.  Sekarang aku tak perlu khawatir lagi karena semua moda transportasi sudah terkoneksi dengan baik, mulai moda transportasi darat, laut dan udara. Sehingga bisa mempersingkat waktu perjalanan dan membuat perjalanan semakin berkesan. 

Liburan Ke Malang Naik Kereta Api

Kawasan Gunung Bromo (Dok.Pribadi) 

Salah satu destinasi wisata yang sangat indah dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan yaitu Gunung Bromo, destinasi wisata yang satu ini sebenarnya terletak di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang. Akan tetapi akses untuk menuju ke Gunung Bromo paling enak lewat lewat Malang karena di Malang ada stasiun, terminal dan bandara, jadi Kawula Modal bisa menuju ke Malang menggunakan bus, kereta api atau pun pesawat. 


Stasiun Tawang Semarang (Dok. Pribadi)

Dan kali ini aku berwisata ke Malang menggunakan modal transportasi darat yang sangat nyaman dan cepat yaitu kereta api. Berangkat dari Stasiun Tawang Kota Semarang menuju Malang menggunakan kereta api rasanya sangat menyenangkan karena fasilitas di kereta api saat ini sangat baik dan lengkap, sangat berbeda jauh dengan kereta api jaman dulu.

Jakarta sebagai Ibukota Indonesia membuat kota yang satu ini mempunyai mobilitas yang sangat tinggi, karena tak hanya sebagai pusat pemerintahan saja, Jakarta juga sebagai pusat perekonomian. Namun Jakarta juga mempunyai beberapa destinasi wisata yang menarik seperti Kota tua, Monas, dan masih banyak lagi. Dan kebetulan bulan September lalu aku liburan ke Kota Tua dan Monas. Untuk menuju Jakarta ada pilihan Moda transportasi.  Karena sebagai Ibukota Indonesia tentunya Jakarta memiliki fasilitas transportasi umum yang sangat lengkap seperti Bandara Internasional, Stasiun dan Pelabuhan. 

Kereta Api Saat ini (Dok.Pribadi) 

Saat ini bepergian menggunakan kereta api semakin mudah karena di era digital seperti saat ini Kawula Moda bisa membeli tiket kereta api via online, jadi tak perlu lagi antri membeli tiket di stasiun. Selain itu suasana di dalam kereta api sangat nyaman sekali, meskipun menggunakan kereta api kelas ekonomi tetapi Kawula Moda tetap bisa menikmati perjalanan dengan nyaman karena di dalam kereta api sudah dilengkapi AC dan tidak berdesak-desakan seperti jaman dahulu. 

Saat ini Kawula Moda juga tidak terganggu oleh para penjual asongan karena sekarang sudah diterbitkan. Dan tentunya naik kereta api saat ini semakin aman karena tidak ada penumpang gelap yang bisa naik, soalnya sebelum naik kereta api semua penumpang diperiksa tiketnya sesuai identitasnya dan di dalam kereta api juga susah ada CCTVnya. 

Liburan ke Jakarta Naik Pesawat Terbang


Sebagai Ibukota Indonesia, Kota Jakarta tentunya mempunyai mobilitas yang sangat tinggi, karena tak hanya sebagai pusat pemerintahan saja, Jakarta juga sebagai pusat perekonomian. Namun Jakarta juga mempunyai beberapa destinasi wisata yang menarik seperti Kota tua, Monas, dan masih banyak lagi. Untuk menuju Jakarta ada pilihan Moda transportasi.  Karena sebagai Ibukota Indonesia tentunya Jakarta memiliki fasilitas transportasi umum yang sangat lengkap seperti Bandara Internasional, Stasiun dan Pelabuhan.


Dan pada bulan September lalu aku liburan ke Kota Tua dan Monas Jakarta, aku pun mencoba melakukan perjalanan lewat jalur udara yaitu menggunakan pesawat terbang. Aku berangkat dari Bandara Ahmad Yani Kota Semarang menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Perjalanan menggunakan pesawat terbang ini sangat efektif sekali karena sangat cepat sehingga bisa menghemat waktu. Apalagi ketika jarak yang kita tempuh sangat jauh, Moda transportasi yang satu ini adalah solusi terbaik untuk menemani perjalanan Kawula Moda. 

Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah salah satu bandara terbaik di Asia-Pasifik. Ini membuktikan bahwa kinerja Kementerian Perhubungan dalam menangani trasportasi di Indonesia sangatlah baik, sehingga dengan adanya Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sangat bagus akan mempermudah para investor dan para wisatawan mancanegara datang ke Indonesia dan bisa meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Indonesia.

Destinasi wisata yang tak kalah menarik yaitu Pulau Karimunjawa, letaknya yang berada di utara Pulau Jawa sehingga akses menuju Pulau Karimunjawa hanya bisa menggunakan kapal laut dan pesawat terbang. Akan tetapi Moda transportasi yang sering digunakan oleh warga Pulau Karimunjawa dan wisatawan yaitu kapal laut karena jadwal penyebrangan selalu ada dan harga tiketnya sangat murah. Untuk menuju ke Pulau Karimunjawa via kapal laut Kawula Moda bisa lewat Pelabuhan Tanjung Maaf Kota Semarang atau Pelabuhan Kartini Jepara. 

Liburan ke Karimun Jawa Naik Kapal Laut


Destinasi wisata yang tak kalah menarik yaitu Pulau Karimunjawa, letaknya yang berada di utara Pulau Jawa sehingga akses menuju Pulau Karimunjawa hanya bisa menggunakan kapal laut dan pesawat terbang. Akan tetapi Moda transportasi yang sering digunakan oleh warga Pulau Karimunjawa dan wisatawan yaitu kapal laut karena jadwal penyebrangan selalu ada dan harga tiketnya sangat murah. Untuk menuju ke Pulau Karimunjawa via kapal laut Kawula Moda bisa lewat Pelabuhan Tanjung Maaf Kota Semarang atau Pelabuhan Kartini Jepara. 

Pulau Karimunjawa yang begitu eksotik karena pasir pantai putih dan bersih, air lautnya jernih dan ada beraneka ragam jenis ikan dan terumbu karang di alam bawah laut Pulau Karimunjawa yang begitu memesona. Tak heran jika Pulau terindah di Provinsi Jawa Tengah ini selalu menjadi incaran baik para wisatawan domestik atau pun wisatawan mancanegara. 



Sebenarnya untuk menuju ke Karimunjawa dengan menggunakan kapal laut ada beberapa pilihan seperti Kapal Pelni, Kapal Siginjai, Kapal Kartini dan Kapal Cepat Express Bahari. Dan biasanya aku lebih suka menggunakan Kapal Cepat Express Bahari karena lebih cepat. Dari Pelabuhan Kartini Jepara sampai Pelabuhan Karimunjawa hanya ditempuh 2 jam, ini lebih cepat dibandingkan kapal yang lain. Selain itu Kapal Express Bahari juga lebih nyaman dan aman.

Saat ini untuk menuju ke Pulau Karimunjawa juga semakin mudah karena sudah ada penerbangan dari beberapa kota besar seperti : Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Jakarta. Meskipun harga tiketnya lebih mahal dari kapal laut tetapi menggunakan pesawat terbang ke Karimunjawa akan menghemat waktu lebih banyak.

Dan itulah beberapa Moda transportasi di Indonesia yang sudah aku rasakan manfaatnya dalam perjalananku menjelajahi beberapa destinasi wisata di Indonesia selama 5 tahun terakhir dan tentunya sudah sangat bagus untuk mendukung kemajuan perekonomian dan pariwisata di Indonesia.


10 Komentar

  1. Senangnya kalau nanti kereta api juga beroperasi di Sulawesi Selatan, akses pariwisata jadi lebih mudah

    BalasHapus
  2. seruuu bnget kalo infrastruktur dan moda transportasi berjalan lancar seperti ini.
    Aku saluuut dgn kinerja KemenHub!

    BalasHapus
  3. Aku setuju kaka dgn faktor 3a sbagai pemikat suatu daerah sbgai wisata. Apalgi budaya timur itu sbgai kearifan lokal kita patut dbanggakan

    BalasHapus
  4. Bener yaa.. transportasi umum tuh memang andalan bagi para wisatawan. Lebih seru soalnya kalau naik transportasi umum. Apalagi kalau transportasi umumnya punya ciri khas tersendiri.

    BalasHapus
  5. Transportasi sekarang ini sudah semakin banyak dan mudah didapat ya. Ditambah lagi pelayanan sudah membaik menjadi menambah value bagi negara.

    BalasHapus
  6. Daku juga seneng banget dengan perkembangan transportasi kita, jadi lebih banyak pilihan karena moda yang terjangkau. Semoga selalu maju dan makin lebih baik kedepannya

    BalasHapus
  7. Mantap mas Klimis sudah nyobain moda transportasi udara, darat dan laut. Berkat kerja keras Kementrian Perhubungan dalam 5 tahun terkahir. Makin sering berpetualang deh.

    BalasHapus
  8. Mantap sudah mencoba semuanya ya Kakak
    asikkk nih. Aku juga sudah alhamdulillah
    kepengen ke Karimun ih, seru banget pasti.
    nabung nabung

    BalasHapus
  9. Bersyukur banget ya kalau alat transportasi makin bagus, apalagi ditambah pelayanannya yg semakin membaik. Waah, kalau suatu saat ada kereta api Jakarta-Bengkulu, bisa mudik terus nih saya

    BalasHapus
  10. Kalo modal transportasi diperbanyak dan semoga makin baik segalany, jadi pas mudik atau jalan2 bisa naik beberapa alternatif

    BalasHapus