5 Cara Aman Bertransaksi Online Ala Traveler


Di era digital seperti saat ini, banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapatkan hanya dengan satu genggaman saja. Kita bisa melakukan banyak kegiatan dengan bantuan internet, dan semua kegiatan bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun. Seperti belanja pakaian, peralatan rumah tangga, peralatan otomotif, membayar tagihan listrik dan air hingga membeli tiket perjalanan.

Saat ini juga kebutuhan masyarakat untuk bepergian semakin tinggi, jadi semakin banyak juga agen tiket online yang mulai bermunculan, mulia menyediakan tiket pesawat terbang, kereta api, kapal laut, hingga bis. Akan tetapi semakin banyaknya agen tiket online saat ini membuat kalian juga harus berhati-hati dan waspada karena banyak juga penjahat cyber tiket online yang bisa merugikan konsumen dengan cara menipu.

Supaya kalian tidak sampai tertipu oleh agen tiket online abal-abal dan kalian bisa mendapatkan tiket online yang aman, inilah 5 cara aman bertransakasi online ala traveler :

    1. PILIHLAH AGEN TIKET ONLINE YANG TERPERCAYA



Saat ini kita semakin mudah untuk travelling kemana pun, karena banyak sekali agen tiket online yang menyediakan tiket kemana pun, baik itu ke seluruh wilayah nusantara bahkan hingga ke luar negeri. Tiket yang dijual pun beraneka ragam, mulai tiket pesawat, tiket kereta api, tiket kapal laut hingga tiket bus.

Akan tetapi kalian harus memastikan apakah agen tiket online itu terpercaya atau tidak? Untuk mengetahuinya kalian bisa melihat dari reputasi agen tiket online tersebut, kalau penggunanya banyak bisa dipastikan agen tiket online tersebut mempunyai reputasi yang baik.

Dan biasanya aku selalu menggunakan beberapa agen tiket online seperti : Tiket.com, pergi.com, pegipegi.com, traveloka.com. Kenapa aku selalu menggunakan agen tiket online tersebut, karena aman, mudah dan terpercaya.

    2. CARI REVIEW DARI WEBSITE & TEMAN-TEMAN


Jika kalian masih ragu dan bimbang untuk memilih agen tiket yang terpercaya, kalian juga bisa menggunakan cara mencari review dari website, biasanya para pengguna tiket online tersebut akan mereview tentang pengalaman mereka menggunakan tiket online tersebut. Disitu kalian bisa mengetahui mana yang pelayanannya baik, aman dan mudah atau pun yang abal-abal.


Selain itu kalian juga bisa mencari review dari pengalaman teman-teman terdekat kalian, pastinya teman kalian juga pernah menggunakan tiket online, nah kalau dari teman sendiri biasanya lebih terpercaya, kalian juga bisa minta rekomendasi dari teman kalian tentang agen tiket online yang aman dan terpercaya.

    3. HARGA TIKET STANDAR

Jangan mudah tergiur dengan harga tiket yang sangat murah, karena saat ini banyak sekali agen tiket online yang menawarkan harga sangat murah tetapi belum jelas kualitasnya. Jadi kalian harus lebih teliti lagi, pilihlah agen tiket online yang menawarkan harga murah tapi masih dalam batas wajar, misalnya tiket pesawat dari Jakarta ke Jogja biasanya 400-600 ribu. Kalian jangan tergiur dengan tiket yang harganya jauh di bawah harga tersebut misalnya cuma 100 ribu. Meskipun kadang ada promo besar-besaran dari agen tiket yang terpercaya tetapi kalian tetap harus waspada dan berhati-hati.

    4. PILIHAN PEMBAYARAN YANG BERVARIASI


Agen tiket online terpercaya biasanya mempunyai berbagai macam cara pembayaran untuk memudahkan penggunanya, seperti melalui transfer ATM, kartu kredit hingga pembayaran lewat minimarket. Dan yang sering aku lakukan yaitu pembayaran lewat transfer ATM.

    5. JANGAN GUNAKAN WIFI PUBLIK

Setiap melakukan transaksi online biasanya harus mencantumkan identitas dan data pribadi kita, nah risiko yang harus kita hadapi yaitu kadang data pribadi kita dicuri oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Untuk menghindari hal tersebut sebisa mungkin ketika transaksi online jangan menggunakan wifi publik, karena menggunakan wifi publik mempunyai risiko lebih tinggi terjadinya pencurian data pribadi kita. Jadi gunakan lah jaringan internet pribadi agar lebih aman.

Itulah pengalaman pribadiku selama ini bertransaksi membeli tiket online sebelum traveling. Semoga 5 cara aman bertransaksi ala traveler ini bisa bermanfaat buat kalian dan membuat perjalanan kalian lebih aman, nyaman dan senang.











0 Komentar