75 Tahun Indonesia Merdeka, Kita Pasti Berjaya


Indonesia yang sangat kaya akan sumber daya alamnya, mulai dari flora dan fauna yang beraneka ragam serta kaya akan seni dan budaya nya sejatinya adalah salah satu negara yang sangat makmur dan sejahtera di dunia ini. Saking banyaknya akan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia sehingga banyak negara-negara lain yang ingin merebut kekayaan tersebut, sehingga lebih dari 3 setengah abad Indonesia dijajah oleh negara lain.

Dirgahayu Republik Indonesia ke 75

Tak terasa sudah 75 tahun Indonesia merdeka, pastinya banyak perjuangan dan pengorbanan untuk meraih kemerdekaan ini. Sebagai negara maritim dan negara yang multi kultural, tentunya di hari kemerdekaan ke 75 ini kita semua berharap Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan berprestasi dalam segala bidang, dan aku sangat yakin, dengan kekuatan sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang semakin cerdas, tak lama lagi Indonesia pasti mampu berjaya dan bersaing dengan negara-negara lain.

Bulan Agustus menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, semua masyarakat penuh suka cita menyambut hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta. Biasanya semangat kemerdekaan selalu sangat terasa, namun kali ini semua masyarakat Indonesia sepertinya masih dalam keadaan berduka. Dan Karena saat ini Bangsa Indonesia ternyata tidak merasakan kemerdekaan yang pernah kita rasakan sebelumnya karena saat ini negara kita masih dijajah oleh pandemi COVID-19 yang begitu menyiksa.

Apa Arti Merdeka ?

Merdeka bukanlah hanya sebatas kata, namun merdeka menyimpan makna yang sangat dalam. Merdeka menurutku yaitu bisa bebas beraktivitas tanpa ada gangguan dari apapun namun tetap dalam norma-norma yang berlaku, dan bangsa yang merdeka yaitu bangsa yang tidak dijajah oleh negara apapun dan dari gangguan apapun termasuk COVID-19, sehingga seluruh masyarakat bisa belajar tanpa rasa takut, bekerja tanpa rasa khawatir, berkarya tanpa ada batasan dan tentunya bisa hidup normal tanpa ada gangguan sedikit pun.

Indonesia Pasti Merdeka dari COVID-19

Sebagai bangsa yang tangguh dan mempunyai jiwa kesatria, tentunya kita semua tak boleh menyerah begitu saja. Kita semua harus turut berjuang melawan COVID-19, karena tak cukup jika hanya pemerintah saja yang berjuang, akan tetapi peran masyarakat inilah yang sangat penting agar Indonesia segera merdeka dari COVID-19.

Saat ini seluruh warga Negara Indonesia harus berjuang untuk meraih kemerdekaan kembali, dan perjuangan kali ini sangat berbeda dari sebelumnya karena musuh yang kita hadapi kali ini tak nampak namun  nyata adanya, dan perjuangan kita semua juga tidak menggunakan bambu runcing ataupun senjata yang lainnya. Akan tetapi perjuangan kali ini dengan cara selalu memakai masker ketika keluar rumah, rajin cuci tangan dan selalu jaga jarak. Karena cara ini lumayan cukup ampuh untuk mengurangi penyebaran COVID-19 sembari menunggu vaksin COVID-19 bisa ditemukan.

Wujud Rasa Cinta Terhadap Indonesia

Sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus banyak bersyukur karena Indonesia sudah merdeka, dan kita juga tak boleh selalu menuntut hak kita terhadap pemerintah, namun kita harus banyak berkontribusi untuk negeri ini, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk negeri ini. Karena cinta terhadap NKRI tak hanya cukup diucapkan dengan kata-kata saja, tetapi kita juga harus melakukan aksi nyata yang bisa bermanfaat untuk negeri ini.

Seringkali kita bingung bagaimana cara untuk berkontribusi kepada negeri ini, asal kalian tahu bahwa sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk negeri ini dan bisa kita mulai dari hal-hal yang terkecil namun mempunyai dampak yang besar. Tentunya kita bisa berkontribusi sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kita miliki, misalnya bisa berkontribusi di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang travel blogger tentunya aku juga turut berkontribusi di bidang pariwisata, salah satu kontribusi nyata yang aku lakukan yaitu dengan banyak mengunjungi tempat wisata di dalam negeri daripada tempat wisata di luar negeri, karena dengan cara ini kita bisa mendapatkan banyak hal diantaranya kita bisa belajar seni budaya di daerah-daerah yang kita kunjungi, selain itu kita juga turut membantu perekonomian warga lokal.


Tak hanya itu saja, biasanya aku juga selalu menuliskan kisah perjalananku menjelajahi berbagai daerah di Indonesia dan aku promosikan lewat media online agar lebih banyak orang yang tau akan potensi-potensi yang ada di berbagai daerah di Indonesia sehingga bisa meningkatkan perekonomian Indonesia dari banyaknya wisatawan baik lokal ataupun mancanegara yang berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia.

Jadi meskipun di masa pandemi seperti sekarang ini, bukan menjadi alasan bagi kita untuk tidak berkontribusi kepada negeri, karena kita harus tetap berkarya dan berkontribusi walaupun di masa pandemi. Apalagi di era digital seperti saat ini tentunya sangat membantu untuk mempermudah kita dalam berkarya dan berkontribusi tanpa harus bertatap muka, maka dari itu kita harus menggunakan teknologi dengan baik dan semaksimal mungkin agar kita bisa turut berkontribusi untuk NKRI.

0 Komentar