Saatnya Generasi Milenial Menjadi Pelopor Literasi di Era Digital

Sejak dari SMP aku sudah mulai suka menulis, meskipun waktu itu hanya suka menulis tentang puisi. Dan ketika ada lomba 17-an di sekolah aku ditunjuk untuk ikut lomba membuat puisi mewakili kelasku, waktu itu aku masih kelas 7. 

Dan aku pun masih ingat betul waktu lomba membuat puisi sainganku adalah kakak-kakak kelas yang mana pasti mereka lebih unggul, aku pun tak menghiraukan menang atau kalah yang penting aku menulis puisi dari hati. 

Kalau tidak salah waktu itu aku menulis tentang perjuangan untuk bisa sampai ke sekolah. Karena memang dulu untuk menuju ke sekolah aku harus naik sepeda melewati jalan yang kanan kirinya hanya ada sawah-sawah. Kurang lebih dari rumah sampai sekolah jaraknya 5 km. 

Dan tak diduga ketika pengumuman lomba membuat puisi aku berhasil mendapatkan juara 1, sempat kaget dan agak tidak percaya aku bisa mengalahkan kakak-kakak kelasku. Mulai saat itu juga aku rajin menulis, baik itu tentang puisi ataupun tentang kehidupan sehari-hari. 

Akhirnya pada awal tahun 2017 aku mulai menulis di blog, karena aku mempunyai hobi jalan-jalan dan sayang banget jika pengalaman jalan-jalan ku tidak aku abadikan lewat tulisan dan aku bagikan ke banyak orang agar bisa bermanfaat. Sampai saat ini aku sangat menikmati menulis lewat blog, dan aku pun mempunyai cita-cita untuk membuat karya buku. 

Apa itu Literasi? 
Nah mungkin diantara kita sering mendengar kata "Literasi" namun kurang begitu faham artinya. Literasi merupakan suatu kemampuan individu untuk dapat menggunakan potensi serta ketrampilan dalam mengolah dan juga memahami informasi saat melakukan kegiatan atau aktivitas membaca dan menulis.

Banyak teman-temanku yang bilang kalau mereka tidak bisa menulis dan minta diajari untuk menulis. Sebenarnya semua orang itu bisa menulis asalkan ada kemauan. Dan bagaimana caranya agar tulisan kita bisa bagus? Kuncinya yaitu rajin membaca karena membaca dan menulis adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. 

Namun sayangnya sampai saat ini minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah sehingga memerlukan kesadaran bersama untuk meningkatkan minat baca. Dan pada tanggal 8 September diperingati sebagai Hari Aksara Internasional yang mana bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat di seluruh dunia. 

Generasi Milenial Harus Peduli Literasi di Era Digital 
Sebagai generasi milenial kita harus peduli dengan literasi, karena generasi milenial merupakan generasi penerus bangsa, yang mana masa depan bangsa tergantung generasi mudanya, apalagi di era digital seperti saat ini, peran literasi sangat penting bagi kehidupan kita. 

Di jaman yang serba digital seperti saat ini bentuk literasi pun semakin beraneka ragam, salah satunya yaitu literasi digital. Yang mana kita juga harus paham literasi digital diantaranya agar kita bisa menggunakan sosial media dengan baik dan bijak 

Manfaat Literasi

1. Menambah perbendaharaan kata “kosa kata” seseorang.
2. Mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis.
3. Mendapat berbagai wawasan dan informasi baru.
4. Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.
5. Kemampuan memahami makna suatu informasi akan semakin meningkat.
6. Meningkatkan kemampuan verbal seseorang.
7. Meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang.
8. Membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang.
9. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis.

0 Komentar