Tahu Gimbal, Kuliner Khas Kota Semarang yang Menggoda Lidah


Kota Semarang tak hanya terkenal akan keindahan kotanya yang dihiasi oleh bangunan-bangunan bersejarah saja, namun ibukota Provinsi Jawa Tengah ini juga kaya akan kulinernya. Berkat akulturasi budaya jawa, cina dan eropa yang sangat kental sehingga menghasilkan berbagai macam kuliner khas Kota Semarang yang sangat terkenal hingga ke pelosok negeri ini.

Meskipun tidak lahir di Kota Semarang, namun aku sudah menganggap Kota Semarang ini seperti kota kelahiranku karena aku sudah bertahun-tahun hidup di Kota Semarang, ternyata hidup di Kota Semarang rasanya sangat menyenangkan karena suasana kotanya yang damai, masyarakatnya yang ramah dan tentunya kuliner-kulinernya juga sangat lezat sehingga akan membuat betah siapapun yang tinggal di Kota Semarang. 

Oh ya pada tahun 2018 Kota Semarang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia sebagai salah satu dari 5 Destinasi Wisata Kuliner Nasional, jadi sudah tak perlu diragukan lagi kalau kuliner Kota Semarang memang beraneka ragam, lezat dan istimewa.

Berkunjung ke Kota Semarang tak lengkap rasanya jika tidak menikmati aneka kuliner khas Kota Semarang, sebenarnya banyak sekali kuliner khas Kota Semarang yang sangat lezat seperti : Lumpia, Tahu Gimbal, Mie Kopyok, Wedang Tahu, Soto Bangkong,  Bandeng Presto, Wingko Babat, Pisang Plenet, Mangut Ndas Manyung, Gulai Bustaman, Kue Moaci, Kue Ganjel Rel, dan masih banyak lagi. Tetapi kali ini aku akan mengajak kalian untuk mencicipi salah satu kuliner khas Kota Semarang yang sangat menggoda lidah yaitu Tahu Gimbal.

Apa itu Tahu Gimbal?

Buat kalian yang belum tahu tentang Tahu Gimbal, kali ini aku akan memberikan informasi tentang Tahu Gimbal ini. Tahu Gimbal merupakan kuliner khas Kota Semarang yang terbuat dari tahu, gimbal (udang yang digoreng dengan dibalut tepung) telur, daun seledri, kol, lontong, dan disiram dengan sambal kacang yang sedap. 

Lezatnya Tahu Gimbal Pak H. Edy

Jika kalian berkunjung ke Kota Semarang dan penasaran ingin mencicipi Tahu Gimbal, kalian tak perlu khawatir karena di semua sudut Kota Semarang terdapat banyak penjual Tahu Gimbal. Namun dari sekian banyaknya warung Tahu Gimbal yang ada di Kota Semarang, ternyata ada salah satu warung  Tahu Gimbal yang paling legendaris dan rasanya sangat lezat yaitu Tahu Gimbal Pak H. Edy.

Tahu Gimbal Pak H. Edy ini sudah ada sejak tahun 1971 dan saat ini Tahu Gimbal Pak H. Edy diteruskan oleh generasi kedua yaitu Pak Marlan (anak Pak H. Edy). Meskipun dikelola oleh generasi kedua tetapi cita rasanya masih sama seperti yang dulu karena resep yang dipakai adalah warisan dari ayahnya.

Sekilas Tahu Gimbal Pak H. Edy hampir sama dengan tahu gimbal pada umumnya, tetapi ada satu yang membedakan Tahu Gimbal Pak H. Edy ini dengan yang lain, yaitu Tahu Gimbal Pak H. Edy ini menggunakan udang pilihan untuk membuat gimbalnya sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat lezat.

Jadi perpaduan potongan gimbal udang yang renyah, potongan lontong yang kenyal, potongan tahu yang gurih, potongan sayur kol yang segar ditambah telur, lalu disiram dengan sambal kacang yang kental dan ditaburi bawang goreng yang renyah membuat Tahu Gimbal Pak H. Edy ini menjadi juaranya Tahu Gimbal di Kota Semarang. Untuk satu porsi Tahu Gimbal Pak H. Edy ini hanya Rp.20.000. Porsinya juga banyak, jadi sekali makan dijamin pasti kenyang.

Tahu Gimbal Pak H. Edy ini sudah sering dikunjungi para artis ternama, selain itu Tahu Gimbal Pak H. Edy juga pernah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya sebagai Kuliner Legendaris Kota Semarang dari Suara Merdeka Network pada tahun 2018.

Lokasi Tahu Gimbal Pak H. Edy

Warung Tahu Gimbal Pak H. Edy ini dahulu berada di jalan Pahlawan, namun sekarang pindah di Jalan Menteri Supeno atau sebelah utara Taman Indonesia Kaya. Letaknya juga sangat dekat dengan Simpang Lima Semarang sehingga sangat mudah dijangkau bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Kota Semarang. Tahu Gimbal Pak H. Edy ini buka mulai pukul 15.00 wib – 24.00 wib. Namun biasanya sebelum pukul 24.00 wib sudah habis karena saking ramainya pembeli.



40 Komentar

  1. Wah enak banget Tahu Gimbalnya, jd kangen Kota Semarang nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Semarang kabar2 ya, nanti tak traktir tahu gimbal.

      Hapus
  2. wah kuliner ini memang enak, aku suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg suka banget, yuklah ke Semarang kak.

      Hapus
  3. Andalan kalo lagi muter2 semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib banget kalo ke Semarang jajan Tahu Gimbal

      Hapus
  4. Enak banget kayaknga
    cocok pas nnti main ke smrng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus nyobain kalo ke Semarang. Pasti ketagihan.

      Hapus
  5. Referensi banget buat kulineran di semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul bgt, salah satu refrensi wisata kuliner di Semarang nih

      Hapus
  6. Pas Trakhir aku ke Semarang, aku udh niat mas mau pesen dr gofood tahu gimbal pak Edy ini. Tapi keabisaaaan hahahah. Ga rezeki. Akhirnya pesen yg lain. Tp masih penasaran Ama rasanya. Apalagi aku suka kuliner yg memakai tahu gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah berarti harus ke Semarang lagi dan nyobain tahu gimbalnya pak Edy. Pokoknya mantap banget.

      Hapus
  7. Aduh enak banget kayaknya Tahu Gimbal ini, karena ada udangnya.
    Sayang banget waktu ke Semarang akhir tahun 2019 lalu saya gak begitu menikmati kulinernya, cuman jalan2 di berbagai tempat wisata.

    Kirim ke Makassar, bisa? Heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heehee bisa sih kirim ke Makassar tapi lebih nikmat kalau di makan di kota asalnya.. Heehee semoga bisa ke Semarang lagi.

      Hapus
  8. Tahu gimbal favoritku dari dulu ini mas, tahu gimbal Pak Edy. Porsinya jumbo, banyak banget. Saos kacangnya juaraaa, enak parah. Rela ngantri demi tahu gimbal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini juga favoritku banget, aku suka gimbalnya tuh udangnya gede2 sama sambal kacangnya mantap banget.

      Hapus
  9. Tahutuh diapain aja enak makanya aku heran ama orang yang ga suka makan tahu, skarang makin hits lg tahunya ada versi garing, sok tahu, tahu aja. tahu walik dan serba tahu pokoknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih aku aja gak ada bosen2nya makan tahu. Enak dan sehat 😃😃

      Hapus
  10. Wah enak banget, jadi kangen Tahu Gimbal, semoga bisa ke Semarang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya kalo ke Semarang jangan lupa mampir ke warung Tahu Gimbal Pak Edy

      Hapus
  11. Kesukaanku banget nih tahu gimbal,gak pernah bosen kalo ke Semarang pasti mampir kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama dong, aku juga suka banget.

      Hapus
  12. Penasaran seperti apa rasanya, kelihatannya enak banget. Semoga bisa nyobain Tahu Gimbal kalo liburan ke Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali mencoba pasti langsung ketagihan

      Hapus
  13. tahu gimbal emang jadi favorit banget sih. apalagi disajikan hangat hangat saat cuaca dingin, tinggal tambahin sambel nih... sedep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bgt, tahu gimbal emang paling favorit dan lebih enak kalo anget

      Hapus
  14. Wah baru dengar tentang Tahu Gimbal ini. Pas baca judulnya kepikiran mungkin tahunya dimodelin gitu ya jadinya gimbal ternyata itu sebutan untuk udang goreng tepung ya, hehehe... Kalau ke Semarang bakalan cobain ini nih akunya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheee emang sekilas namanya aneh kayak rambut gimbal gitu ya, tapi ini tuh rasanya enak banget, apalagi gimbal nya tuh gurih banget kak. Pokoknya harus cobain kalo ke Semarang.

      Hapus
  15. Aku baru tahu nih ternyata di Semarang ada kuliner namanya Rahu Gimbal. Klo tau dri dulu, aku pasti cobain saat berkunjung ke Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus banget dicobain kalo ke Semarang kak, dijamin pasti ketagihan.

      Hapus
  16. Pernah dengar makanan tahu gimbal ini, tapi belum pernah nyicip. Liat fotonya jadi makin pengen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu kedatangannya di Semarang untuk mencicipi Tahu Gimbal.

      Hapus
  17. Aku dulu ngiranya tahu gimbal itu kayak tahu isi di Bandung. Tapi pas makan ternyata jauh beda. Enak. Duh kangen deh makan tahu gimbal gini. Di sini gak ada. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee beda ya kak, enak Tahu Gimbal pastinya. Sini ke Semarang lagi dong kak.

      Hapus
  18. pagi-pagi bahas soal makanan ya ampun mau banget deh laper jadinya kak, btw kalaus aya ke semarang lagi wajib banget buat ke sana cobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu kedatangannya di Semarang kak. Wajib banget makan tahu gimbal kalo ke Semarang.

      Hapus
  19. Asekk jadi kangen makanan ini
    kalo aku seringnya yang di depan masjid, kapan-kapan cobain yang di Pak Edy ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah nyobain yang di depan masjid agung Baiturrahman, lumayan enak juga, tp kamu harus nyobain yang Tahu Gimbal Pak Edy pasti ketagihan.

      Hapus
  20. Saya belum pernah ke Semarang tapi kalau ada kesempatan berkunjung ke san pastinya saya nggak mau lewatin untuk mencicip makanan khasnya yang satu ini. Soalnya baru baca post tentang Tahu Gimbal di atas saja saya sudah langsung penasaran gimana rasanya. Bikin ngiler deh.

    BalasHapus
  21. Sukses untuk lombanya..
    Tahu gimbal Pak H. Edy ini sungguh membuat pembaca merasa lapaarrr..
    Melihat taburan bumbu kacang dan isiannya yang padat merayap hangat membuat perut kenyang seketika.

    BalasHapus