Omahe Opa Taman Donorojo, Destinasi Wisata Unik di Kabupaten Kendal

 

Menjelajah Kabupaten Kendal pastinya tidak akan ada habisnya, karena Kabupaten Kendal menyimpan sejuta pesona alam yang sangat luar biasa. Mulai dari pantai, laut, sungai, bukit hingga gunung ada di Kabupaten Kendal. Kali ini aku ingin mengajak kalian untuk menjelajah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kendal yang sangat unik yaitu Omahe Opa Taman Donorojo.

Destinasi wisata yang satu ini masih tergolong baru karena mulai dibuka pada tahun 2020. Destinasi wisata Omahe Opa Taman Donorojo ini terletak di Dusun Pakeman Desa Sidodadi Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Destinasi Wisata Omahe Opa Taman Donorojo ini sangat unik dan berbeda dengan yang lainnya karena di sini terdapat berbagai macam atraksi wisata yang menarik, diantaranya :

Wisata Alam

Berada di daerah perbukitan membuat Omahe Opa Taman Donorojo dianugerahi panorama alam yang sangat elok, hamparan pohon-pohon yang tumbuh subur mengelilingi kawasan ini, sehingga membuat mata ini semakin segar melihat pemandangan yang asri. Udara yang sejuk menambah suasana semakin damai karena kita bisa menghilangkan stress dan sejenak melupakan kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan.

Wisata Adventure

Tak hanya menyuguhkan pesona alam saja, Omahe Opa Taman Donorojo ini juga dilengkapi wahana permain yang bisa bikin jantung berdetak dengan kencang karena di sini terdapat atraksi wisata adventure seperti  ATV dan Flyng Fox. Untuk ATV di sini tersedia dua pilihan yaitu untuk anak-anak dan orang dewasa. Salah satu yang menantang naik ATV di sini yaitu medannya yang berkelok dan naik turun sehingga sangat memacu adrenalin tapi tetap asyik.

Sedangkan untuk flyng fox ini juga cukup menantang karena jaraknya yang cukup panjang dan cukup tinggi. Setelah naik flying fox kita juga bisa mencoba melewati wahana jembatan gantung. Tenang saja, di sini keselamatan pengunjung adalah yang paling utama, jadi jangan khawatir lagi. Pastinya seru banget jika kalian mencoba kedua wahana permainan ini.

Wisata Keluarga

Omahe Opa Taman Donorojo ini salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kendal yang ramah keluarga, karena di sini banyak wahana permainan yang bisa digunakan bersama keluarga seperti Omahe Opa Water Park. Berada di dataran tinggi membuat water park di sini sangat unik, karena ada dua kolam renang di sini yaitu untu anak-anak dan orang dewasa. Waterpark di sini menjadi water park pertama di Kabupaten Kendal yang menerapakan teknik tsunami atau ombak buatan, selain itu di water park ini juga ada hujan busa dan prosotan,  pastinya seru sekali jika berenang di Omahe Opa Water PARK.

Selain water park, di sini juga ada masih banyak wahana permainan yang lainnya seperti : panahan, skate board, skuter matic, hammock dan masih banyak lagi. Pastinya bakal seru banget jika kalian berkunjung kesini bersama keluarga tercinta. Saking luasnya kawasan Omahe Opa Taman Donorojo ini, sehingga disediakan juga kereta api mini yang bisa digunakan untuk keliling ke semua tempat.

Wisata Edukasi

Destinasi Wisata Omahe Opa Taman Donorojo ini tak seperti destinasi wisata pada umumnya karena di sini juga menyediakan wisata edukasi, yang mana wisata edukasi di sini mengusung konsep edukasi pertanian dan perkebunan. Yang paling menarik di sini ada Momo Farm (Taman Sayur Hidroponik). Di sini kita bisa belajar tentang bagaimana cara menanam dan merawat sayur dengan teknik hidroponik. Beraneka ragam sayur yang ada di sini mulai dari kangkung, bayam, seledri dan masih banyak lagi. 

Wisata Seni Budaya

Ternyata masih banyak lagi keunikan di Omahe Opa Taman Donorojo diantaranya ada atraksi seni budaya, yang mana pada waktu tertentu seperti weekend dan libur nasional diadakan pertunjukan seni budaya yang berasal dari para seniman lokal di Kabupaten Kendal seperti kesenian Kuda Lumping, Jathilan, Barongan dan masih banyak lagi. Hal ini dilakukan untuk melestarikan seni budaya asli Kabupaten Kendal agar tetap lestari.

Wisata Kuliner & Belanja

Kuliner dan belanja menjadi bagian penting yang tak bisa dipisahkan dalam urusan berwisata, dan di Omahe Opa Taman Donorojo ini pastinya juga menyediakan tempat kuliner dan belanja oleh-oleh. Di sini terdapat resto dengan nama yang cukup unik yaitu Tamba Kencot, mungkin bagi masyarakat Kabupaten Kendal masih asing dengan kata ini dan bahkan tidak tahu artinya. Namun sebenarnya nama Tamba Kencot ini berasal dari Bahasa Ngapak, yang artinya obat lapar. Nama Tamba Kencot ini diambil karena sang pemilik Omahe Opa ini berasal dari Purwokerto.

Jadi buat para wisatawan yang lapar setelah menjelajah dan bermain di kawasan Omahe Opa Taman Donorojo ini bisa langsung mengobati rasa laparnya di Resto Tamba Kencot. Menunya pun beraneka ragam diantaranya aneka kuliner khas Jawa yang super lezat, selain itu tempatnya juga luas, sehingga bisa menampung banyak orang. Tak hanya itu saja, di sini juga terdapat Coffe Shop, jadi kita bisa bersantai sambil menikmati sedapnya Kopi lokal.

Omahe Opa Taman Donorojo ini memang sangat unik karena di sini juga terdapat tempat wisata belanja aneka oleh-oleh, diantaranya ada Zash Boutique yang mana ini menjual berbagai macam aksesoris dan fashion mulai dari anank-anak hingga orang dewasa. Selain itu di bagian depan juga terdapat outlet oleh-oleh yang berisi aneka makanan dan minuman yang mana berasal dari produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Kendal.

Fasilitas Lainnya

Fasilitas di Omahe Opa Taman Donorojo ini cukup lengkap, diantaranya juga ada masjid, hall serbaguna, meeting room, skate park, parkir luas, toilet, kamar mandi, resto, pusat oleh-oleh dan masih banyak lagi. Selain itu kedepannya juga akan dibangun penginapan sehingga semakin lengkap lagi. Adapun untuk tiket masuknya yaitu Rp. 15.000 pada weekdays dan Rp. 20.000 pada weekend dan libur nasional. Untuk informasi lebih jelas dan lengkap, kalian bisa hubungi lewat :

Instagram : @Omah_e_opa

Facebook :  @Omahe Opa Waterpark

Whatsapp : 082323799949

Website : www.omaheopa.id

 

0 Komentar