7 Alasanku Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia

Lahir dan besar di Indonesia adalah anugerah yang sangat luar biasa, karena Indonesia merupakan negara yang sangat kaya raya. Sebagai warga negara Indonesia, aku sangat bangga sekali menjadi bagian dari ibu pertiwi. Salah satu hal yang harus sering kita lakukan dalam hidup ini yaitu dengan banyak bersyukur, karena dengan selalu bersyukur hidup kita akan selalu bahagia.

Kita harus bersyukur karena lahir dan besar di negara bak surga yang ada di dunia yaitu Indonesia. Inilah alasanku sangat bangga menjadi warga negara Indonesia, dan akan selalu aku gelorakan dimanapun aku berada “Proud To Be Indonesian”

7 Alasanku Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia :

1.     1. Indonesia Negara Besar dan Hebat


Yang pertama karena Indonesia adalah negara yang besar dan hebat, ini terbukti bahwa Indonesia menjadi negara terbesar di Asia Tenggara, dan Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terbentang dari Sabang sampai Marauke dan memiliki 17.499 pulau dengan luas total wilayah sekitar 7,81 juta km2, yang mana 3,25 km2 berupa lautan, 2,55 km2 berupa zona eksklusif dan sisanya 2,01 juta km2 berupa daratan. Indonesia pun masuk 15 negara terluas di dunia.

Selain itu Indonesia juga mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak yaitu sekitar 272.229.372 jiwa, dan Indonesia menempati rangking 4 jumlah penduduk terbanyak di dunia. Tak hanya luas dan banyak penduduknya, Indonesia juga termasuk negara hebat dan berprestasi karena banyak sekali prestasi-prestasi yang sudah pernah diraih Indonesia di kancah Internasional.

2.    2. Indonesia Negara Pejuang yang Tangguh

Yang kedua yaitu Indonesia adalah negara pejuang yang tangguh, yang mana Indonesia telah mengalami penjajahan selama hampir 4 abad dan akhirnya Indonesia bisa merdeka karena atas perjuangan para pahlawan nasional dan seluruh rakyat Indonesia pada masa itu. Jadi kemerdekaan yang diraih oleh Indonesia bukan diberikan secara cuma-cuma namun karena murni dari perjuangan rakyat Indonesia. Hal inilah yang menjadi salah satu kebanggaan yang harus kita syukuri karena Indonesia merupakan negara yang tangguh, kuat dan pemberani.

3.    3. Kaya Akan Pesona Alamnya

Yang ketiga karena Indonesia kaya akan pesona alamnya, mulai dari pantai, sungai, hutan, gunung, danau, hingga alam bawah laut Indonesia sangatlah istimewa. Tak heran jika banyak wisatawan dari seluruh dunia yang sering datang ke Indonesia untuk berliburan. Sebagai negara kepulauan pastinya Indonesia mempunyai ribuan pantai yang sangat cantik yang mana tidak dimiliki oleh negara-negara lain, diantaranya Pantai Pink dan Pantai Nihiwatu di Nusa Tenggara Timur, Pantai Mawun dan Pantai Kuta Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Pantai Melasti di Bali, Pantai Raja Ampat Papua dan masih banyak lagi pantai-pantai indah yang lainnya.

Tak hanya pantai, Indonesia juga kaya akan pesona bawah lautnya, karena hampir 37 persen spesies ikan di dunia ada di Indonesia, dan di Indonesia terdapat 8500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut,  dan 950 biota terumbu karang, dan diantara alam bawah laut terindah di Indonesia terdapat di perairan Karimunjawa Jawa Tengah, Wakatobi Sulawesi Tenggara, Kepulauan Derawan Kalimantan Timur, Morotai Maluku, Raja Ampat Papua, Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara, Gili Trawangan Nusa Tenggara Barat, dan masih banyak lagi surga bawah laut di Indonesia.

Berada di jalur cincin api membuat Indonesia termasuk salah satu negara yang mempunyai gunung terbanyak di dunia, dan inilah beberapa gunung di Indonesia yang sangat indah dan istimewa sehingga banyak wisatawan mancanegara yang terpesona diantaranya : Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat, Gunung Semeru Jawa Timur, Gunung Kelimutu Nusa Tenggara Timur, Gunung Bromo Jawa Timur, Gunung Prau Jawa Tengah, Gunung Agung Bali dan masih banyak lagi. Dan Indonesia juga mempunyai salah satu gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Jayawijaya yang terletak di Papua.

Aku sangat bangga sekali bisa hidup di Indonesia karena keindahan alamnya bak serpihan surga yang ada di dunia. Dan salah satu mimpiku yaitu bisa berkeliling ke seluruh daerah yang ada di Indonesia sembari menengok keindahan alam Indonesia.

4   4. Beranekaragam Suku Budaya

Yang keempat karena Indonesia mempunyai suku budaya, adat istiadat, dan kesenian yang beraneka ragam, saat ini saja di Indonesia terdapat sekitar 1.340 suku bangsa yang hidup damai saling berdampingan. Seperti Suku Jawa, Sunda, Bali, Batak. Madura, Dayak, Sasak, Minangkabau, Bugis, dan masih banyak lagi. Selain itu Indonesia juga kaya akan seni dan budaya. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke Indonesia hanya untuk melihat atraksi seni budaya Indonesia.

Seni budaya adalah identitas bangsa sehingga sebagai warga Indonesia kita harus melestarikan seni budaya yang ada di Indonesia. Dan yang lebih istimewa Indonesia juga mempunyai 1.001 bahasa dan merupakan negara yang memiliki bahasa terbanyak kedua di dunia. Meskipun berbeda-beda suku, bahasa, adat,dan budaya, tetapi Indonesia tetap satu karena kita selalu menjunjung tinggi “Bhinneka Tunggal Ika”

5.    5. Sumber Daya Alam yang Melimpah


Yang kelima karena Indonesia kaya akan sumber daya alam yang melimpah ruah. Dan Indonesia termasuk negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia. Hal inilah yang menyebabkan dahulu Indonesia dijajah oleh beberapa negara karena mereka ingin menguasai sumber daya alam yang ada di Indonesia. 

Sangat banyak sekali sumberdaya alam yang ada di dunia berada di Indonesia, tak hanya kaya akan sumber daya alam hayati saja, Indonesia juga kaya akan sumber daya alam non hayati seperti, minyak bumi, gas alam, emas, perak nikel, tembaga, batu bara, bauksit dan masih banyak lagi yang ada di Indonesia. Dan sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus menjaga sumber daya alam yang ada di Indonesia agar tidak hilang diambil oleh negara lain.

6.    6. Banyak Kuliner Tradisional yang Lezat

Yang keenam karena Indonesia mempunyai aneka kuliner tradisional yang sangat banyak dan lezat. Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai kuliner tradisional yang sangat khas sendiri-sendiri, bahkan setiap daerah mempunyai banyak jenis kuliner tradisional, jika dikalikan 34 provinsi yang ada di Indonesia, pastinya tidak akan terhingga kuliner tradisional yang ada di Indonesia ini. Yang lebih istimewa ada beberapa kuliner tradisional Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai kuliner warisan budaya seperti rendang, tempe, nasi goreng dan lumpia. 

Salah satu hal yang paling aku suka ketika berkeliling ke suatu daerah di Indonesia pasti ada kuliner tradisional yang belum pernah aku coba, hal inilah yang membuat semakin bangga dan cinta terhadap Indonesia karena kulinernya beraneka ragam dan lezat-lezat.

7.    7. Banyak Produk Lokal dengan Kwalitas Internasional


Yang ketujuh yaitu Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak produk lokal yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cerdas dan kreatif, buktinya mereka mampu menciptakan produk-produk yang berkwalitas dan mampu bersaing di pasar global. Diantara produk-produk asli Indonesia yang sudah mendunia yaitu Indomie, Polygon, GT Radial, Tolak Angin, Silver Queen, J.CO Donut, Terry Palmer, Eiger, Erigo dan pastinya masih banyak lagi.

Gathering Netizen Bersama MPR RI di Kota Semarang

Sabtu, 9 Oktober 2021 aku mengikuti kegiatan Gathering Netizen Bersama MPR RI di Hotel Ibis Semarang, acara yang super keren ini diikuti oleh 20 blogger dari berbagai kota di Jawa Tengah.  Adapun tema yang diusung kali ini yaitu “Bijak Bermedia Sosial dalam Mewujudkan Karakter Bangsa” dengan narasumber Ibu Siti Fauziah S.E,M.M selaku Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR RI dan Bapak Budi Muliawan S.H, M.H selaku Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Sekretariat Jenderal MPR RI.

Pada intinya kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu contohnya yaitu dengan bijak bermedia sosial, supaya masyarakat Indonesia bisa hidup aman,rukun, damai dan sentosa.

Empat Pilar Kebangsaan :

1.       1. Pancasila

2.      2. Bhinneka Tunggal Ika

3. 3. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4    4. NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)

Inilah Wujud Rasa Banggaku Terhadap Indonesia

Banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia, dan cara yang aku lakukan diantaranya yaitu selalu membeli dan menggunakan produk-produk lokal agar turut meningkatkan perekonomian para pelaku usaha di Indonesia, serta selalu aktif mempromosikan keindahan alam, keunikan seni budaya dan kelezatan kuliner tradisional yang ada di Indonesia melalui media sosial dan media digital lainnya agar semakin banyak orang di belahan dunia yang tahu bahwa Indonesia itu sangat istimewa dan sangat luar biasa.

Selain itu kita juga harus selalu bijak dalam bermedia sosial karena jika kita tidak bijak seperti menghina suku atau golongan lain di media sosial maka akan terjadi permusuhan yang bisa membuat Indonesia Indonesia terpecah belah dan membuat Indonesia jelek di mata dunia. Meskipun kita belum bisa memberikan banyak kontribusi nyata untuk Indonesia, setidaknya kita jangan menyusahkan dan membuat malu negara Indonesia tercinta ini.

Informasi Akun Resmi MPR RI :

Instagram : @mprrigoid

Twiter : @mprrigoid

Facebook : @mprrigoid

Youtube : @mprrigoid

Website : www.mpr.go.id

 

0 Komentar