Melihat Meriahnya Semarang Night Carnival 2022 di Sirkuit Mijen Semarang


Tahun 2022 ini merupakan tahun ketiga aku meliput event "Semarang Night Carnival" Pastinya sangat senang sekali bisa mendapatkan kesempatan yang sangat langka ini karena memang event yang masuk dalam calender of event Jawa Tengah ini masih dilaksanakan secara hybrid. Jadi hanya tamu undangan yang bisa menyaksikan secara langsung dan disiarkan secara online melalui youtube Disbudpar Kota Semarang.

Semarang Night Carnival 2022 yang berlangsung pada Senin, 28 Maret 2022 berlangsung sangat meriah karena bertepatan dengan adanya event Healthy Cities Summit pada tanggal 26-28 Maret 2022.  Jadi para peserta Healthy Cities Summit bisa menyaksikan secara langsung Semarang Night Carnival 2022.

Dan ada yang unik pada Semarang Night Carnival 2022 ini karena lokasinya berada di Sirkuit Internasional Mijen Kota Semarang. Untuk SNC tahun lalu dilaksanakan di GOR Jatidiri dan tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan di Jalan Pemuda, jadi ini merupakan pertama kalinya Semarang Night Carnival dilaksanakan di Sirkuit Mijen Semarang.

SNC 2022 dengan Tema Trilogy

Semarang Night Carnival setiap tahunnya selalu mengusung tema yang berbeda, untuk tahun 2022 ini Semarang Night Carnival mengusung tema "TRILOGY" yang mana tema ini mengandung arti "Hubungan antara manusia dengan Tuhan, hubungan antara manusia dengan manusia dan hubungan antara manusia dengan alam" yang terangkum dalam 4 kostum unik dan kreatif yaitu tema Hutan Tinjomoyo yang dominan warna hijau, tema Goa Kreo yang dominan warna coklat, tema Payung yang dominan warna merah dan yang terakhir Recycle ya g lebih dominan warna putih.

Kostum-kostum kreatif ini sangat memesona para penonton karena desainnya yang super out of the box dan sangat detail. Peserta SNC 2022 pun tak hanya dari Kota Semarang saja, tetapi juga ada yang dari berbagai daerah di Jawa Tengah, seperti Salatiga, Jepara, Demak, hingga Brebes.

Kostum dengan tema Hutan Tinjomoyo ini mempresentasikan bahwa Kota Semarang sebagai kota besar juga masih mempunyai kawasan hutang yang masih asri yaitu Hutan Tinjomoyo. Sehingga kostum tema Hutan Tinjomoyo ini didominasi oleh warna hijau dengan motif-motif daun dan pohon.

Untuk kostum tema Goa Kreo juga menunjukkan bahwa Kota Semarang mempunyai sebuah goa yang dahulu pernah disinggahi oleh Sunan Kalijaga dan saat ini terdapat banyak sekali monyetnya. Sehingga kostum tema Goa Kreo ini didominasi warna coklat dengan motif bebatuan dan juga icon monyet.

Sedangkan untuk tema Payung lebih condong menunjukkan kepada etnis Cina yang ada di Kota Semarang, karena sebagai kota yang mempunyai akulturasi budaya yang sangat kuat, Kota Semarang mempunyai banyak warga etnis Cina yang hidup rukun dengan warga lokal. Kostum tema Payung ini didominasi warna merah yang mana warna merah ini warna kebanggaan etnis cina dengan motif payung-payung yang cantik.

Dan yang terakhir yaitu tema Recycle, menurutku tema ini yang paling unik karena semua properti dan hiasan kostum menggunakan bahan-bahan bekas yang bisa didaur ulang. Ini sangat kreatif sekali karena terbuat dari bahan-bahan yang kita anggap sudah tak punya nilai jual dan guna tetapi bisa dijadikan sebuah mahakarya yang istimewa. Didominasi warna putih membuat kostum tema recycle ini semakin memesona para penonton.

Terpesona oleh Mahakarya Anne Avantie

Tak hanya 4 tema itu saja, SNC 2022 juga semakin meriah karena adanya penampilan dari desainer asli Kota Semarang yang karya-karyanya sudah go Internasional yaitu Bunda Anne Avantie. Karya-karya bunda Anne Avantie turut membuat suasana semakin meriah karena gaun-gaun bermotif batik yang ditampilkan sangat indah sekali. Ditambah para model yang ayu rupawan yang menggunakan busana karya Anne Avantie sehingga SNC 2022 semakin luar biasa.

Bunda Anne Avantie ini sudah 30 tahun berkiprah di dunia fashion, sehingga sudah tidak diragukan lagi karya beliau, meskipun kebanyakan karya beliau adalah kebaya dan batik namun nyatanya bisa membuat kebaya bisa go Internasional karena desainnya yang unik dan sangat detail sekali. Kota Semarang patut berbangga karena mempunyai warga yang tak hanya mampu mengharumkan nama kota Semarang tetapi juga mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Meriahnya SNC 2022

Event Semarang Night Carnival ini semakin meriah karena tak hanya ada parade kostum carnival saja. Karena sebelum parade kostum dimulai sudah diawali dengan parade barongsai, reog ponorogo, marching band dari AKPOL, dan beberapa komunitas di Kota Semarang seperti komunitas sepatu roda dan sepeda roda satu. Selain itu juga ada penampilan dari beberapa OPD juga turut memeriahkan SNC 2022 seperti  BAPENA, Dinas Perindustrian Kota Semarang dan RSUD Wongsonegoro Kota Semarang.

Semoga Semarang Night Carnival 2023 semakin meriah dan bisa disaksikan oleh masyarakat umum, karena SNC ini salah satu event di Kota Semarang yang sangat dinantikan oleh banyak orang, baik itu warga Semarang ataupun sekitarnya.

0 Komentar