Spektakuler Semarang Night Carnival 2023

Semarang Night Carnival 2023 kembali digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang pada Jumat, 19 Mei 2023. Gelaran SNC tahun ini sedikit berbeda karena digelar di Kawasan Kota Lama Semarang dan dibuka untuk umum setelah dua gelaran SNC sebelumnya digelar secara tertutup.

Dan tahun ini keempat kalinya aku meliput Semarang Night Carnival. Ada yang berbeda dari biasanya karena sebelumnya aku hanya meliput berstatus sebagai media blogger dan perwakilan GenPI, dan yang paling spesial tahun ini aku meliput berstatus sebagai karyawan Disbudpar Kota Semarang. Yang mana tidak pernah terpikirkan sama sekali dibenakku menjadi bagian dari keluarga besar Disbudpar Kota Semarang. Sebuah anugerah dan prestasi pastinya bagiku bisa sampai di titik ini. 

Semarang Night Carnival 2023 ini juga sebagai rangkaian acara dalam memperingati Hari Jadi Kota Semarang yang ke-476. SNC 2023 semakin spektakuler karena dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno. SNC 2023 dan sebagi pembuka acara Jejakk Kreatif Indonesia 2023, event ini dimulai dari Parkir metro point dan panggung utama di depan Gedung Marba hingga finish di Taman Titik Nol KM Kota Semarang, SNC 2023 dibanjiri oleh puluhan ribu penonton baik dari Kota Semarang maupun sekitarnya.

Gelaran event unggulan Kota Semarang pada tahun ini memasuki yang ke-13 kali. Dan setiap tahunnya selalu mengusung tema yang berbeda-beda. Untuk SNC 2023 ini mengusung tema “The Luxury” yang mana tema ini menggambarkan kemewahan, keindahan dan kenyamanan Kota Semarang dari segala aspek kehidupan.Dari tema The Luxury ini kemudian terbagi menjadi empat sub tema yaitu Keris, Chandelier, Lotus dan Kipas. Keempat sub tema tersebut merupakan bagian dari keragaman budaya masyarakat yang ada di kawasan Semarang Lama yakni Kota Lama, Pecinan, Kampung Melayu, dan Kauman.

SNC 2023 semakin meriah dan spektakuler karena diikuti oleh 160 peserta dengan kostum yang kreatif, 120 peserta SNC 2023 berasaldari pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umu baik dari Kota Semarang ataupun sekitarnya. Dan yang paling unik SNC 2023 juga diikuti oleh Kepala OPD se-Kota Semarang dengan jumlah 40 kepala OPD dan camat se-Kota Semarang.

Puluhan ribu pasang mata terpesona melihat warna-warni dan kerlap-kerlip costum peserta SNC yang sangat kreatif dan inovatif, gelaran event  tahunan Kota Semarang ini karena memang Semarang Night Carnival merupakan salah satu event yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Meskipun kawasan Kota Lama Semarang sangat padat namun semua masyarakat sangat antusias dan bahagia bisa menyaksikan Semarang Night Carnival 2023 yang berjalan dengan lancer dan sukses.

Semarang Night Carnival 2023 ini memang sangat spektakuler dan selamat kepada para juara yang telah berhasil menjadi yang terbaik pada gelaran SNC 2023 dengan mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah.


0 Komentar