Sejuta Pesona Sendang Senjoyo Sang Sumber Mata Air dan Tempat Bertapa Jaka Tingkir



Kabupaten Semarang merupakan salah satu kabupaten yang bak serpihan surga yang diturunkan ke muka bumi, karena di Kabupaten Semarang menyimpan banyak destinasi wisata yang indah dan menawan.  Berada di daerah lereng Gunung Ungaran, Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo sehingga membuat Kabupaten Semarang dianugerahi pemandangan alam yang sangat memesona serta udara yang sangat sejuk dan suasana yang masih asri dan alami.

Perjalananku kali ini yaitu ingin menjelajahi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Semarang yang masih sangat alami yaitu Sendang Senjoyo. Sebuah destinasi wisata alam yang menyuguhkan sejuta keindahan dan kesegaran air, berada di daerah pedesaan membuat tempat yang satu ini masih sangat alami dan asri sehingga sangat cocok dijadikan tempat untuk menghilangkan penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Sendang Senjoyo ini merupakan kolam dengan air yang bersumber langsung dari mata air yang masih sangat alami, disini terdapat beberapa kolam yang biasa digunakan masyarakat untuk kebutuhan mandi dan mencuci. Dahulu Sendang Senjoyo ini hanya dikunjungi oleh masyarakat kampung sekitar untuk kebutuhan mandi, mencuci dan ada juga digunakan sebagai sumber air untuk PDAM Kota Salatiga dan PDAM Kabupaten Semarang . Namun setelah beberapa foto tentang Sendang Senjoyo sempat viral di media sosial akhirnya banyak wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung ke Sendang Senjoyo.

Lokasi dan Rute Menuju Sendang Senjoyo

foto pribadi

Mungkin masih banyak orang yang mengira kalau lokasi Sendang Senjoyo ini berada di Kota Salatiga, namun sebenarnya secara letak geografis Sendang Senjoyo ini terletak di Kabupaten Semarang, lebih tepatnya di Desa Tegalwaton Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Karena letaknya di perbatasan antara Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang,  jadi perlu ditegaskan lagi bahwa Sendang Senjoyo ini masuk kawasan Kabupaten Semarang.

Untuk menuju ke Sendang Senjoyo tidaklah sulit, Karena bisa dijangkau menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika naik kendaraan umum bus, maka dari arah manapun kita bisa turun di Terminal Tingkir Kota Salatiga, lalu dilanjutakan naik ojek sekitar 10 menit perjalanan. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, bisa lewat jalan tol Semarang – Solo dan keluar di pintu exit tol Salatiga lalu bisa lihat papan petunjuk ataupun memakai google maps. Jalan menuju Sendang Senjoyo juga sudah cukup bagus sehingga bisa dijangkau dengan aman dan nyaman.

Sejarah dan Mitos Sendang Senjoyo

foto pribadi

Menurut Juru kunci ke-4 petilasan Jaka Tingkir yaitu Pak Jarwanto atau yang biasa dipanggil Mbah Jar menuturkan, bahwa nama Sendang Senjoyo ini berasal dari nama seorang raja pada jaman Kerajaan Mataram Hindu, yaitu Raja Sanjaya.  Dahulu saat Raja Sanjaya menempuh perjalanan panjang untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk dunia kemudian Raja Sanjaya menemukan sebuah mata air yang sangat jernih dan tenang. Lalu saat itu juga Raja Sanjaya memerintahkan pengikutnya untuk membangun sebuah tempat ibadah berupa candi.

Sisa reruntuhan candi hingga saat ini masih ada dan sekarang sedang dibenahi dan diberi pagar. Masyarakat setempat meyakini bahwa  Sendang Senjoyo ini merupakan sebuah tempat yang sakral dan sering digunakan untuk olah spiritual. Termasuk digunakan juga oleh Jaka Tingkir atau Mas Karebet pada jaman dahulu untuk keperluan bersemedi atau bertapa sebelum menjadi Abdi di Kerajaan Demak. Setelah itu Jaka Tingkir menjadi salah satu murid Sunan Kalijaga dan akhirnya Jaka Tingkir juga menjadi raja pertama di Kerajaan Pajang pada tahun 1549 -1582 dengan gelar Sultan Hadiwijaya.

Sendang Senjoyo saat ini dianggap menjadi salah satu tempat yang cukup sakral bagi beberapa orang karena banyak orang yang masih percaya jika mandi di Sendang Senjoyo akan mendapatkan berkah seperti sembuh dari penyakit ataupun keinginannya terkabulkan. Dan pada malam tertentu seperti malam Selasa Kliwon dan  Jumat Kliwon banyak orang dari berbagai daerah yang berendam semalaman di Sendang Senjoyo agar mendapatkan berkah. Dan biasanya pada beberapa hari sebelum datangnya bulan suci Ramadan, Sendang Senjoyo ini juga dijadikan sebagai tempat padusan atau tradisi mandi untuk mensucikan diri menyambut bulan suci Ramadan.

Jernihnya Air di Sendang Senjoyo

foto pribadi

Udara sejuk dan pemandangan hijau yang menyegarkan mata bisa kita rasakan saat sampai di Sendang Senjoyo ini. Siapapun yang datang kesini pasti akan terpikat oleh pesonanya, apalagi untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis, hanya dikenakan biaya parkir motor seharga Rp.3000 dan parkir mobil Rp.5000 dan untuk jam operasionalnya yaitu buka setiap hari mulai pukul 08.00 -17.00 wib. Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Sendang Senjoyo yaitu mandi di kolam dengan air yang sangat jernih, bersih dan menyegarkan.

Di Sendang Senjoyo ini terdapat 7 titik mata air dan ada beberapa kolam yang bisa digunakan untuk mandi, air di Sendang Senjoyo ini sangat jernih sekali seperti kaca, saking jernihnya sampai dasar kolamnya pun kelihatan tampak jelas dari permukaan. Beberapa kolam yang ada di Sendang Senjoyo ini juga mempunyai fungsi masing-masing, ada yang khusus untuk mandi, ada yang khusus untuk mencuci dan ada juga yang khusus untuk sumber air PDAM. Dan uniknya air di Sendang Senjoyo ini tidak pernah kering meskipun di saat musim kemarau panjang.

Kolam paling selatan biasanya khusus untuk mandi, kolam nya cukup besar dan kedalamannya kurang lebih 150 cm, airnya sangat jernih sekali dan sangat segar, mandi di Sendang Senjoyo pastinya sangat menyenangkan karena kita bisa menyelam dan  melihat dasar kolam dengan jelas, dasar kolamnya pun juga masih bebatuan jadi masih sangat alami sekali. Apalagi kawasan Sendang Senjoyo ini dikelilingi pohon-pohon yang sangat lebat sehingga menjadikan suasana semakin sejuk dan asri.

Aktifitas Seru dan Fasilitas di Sendang Senjoyo

foto pribadi

Banyak aktifitas seru yang bisa kita lakukan saat berwisata di Sendang Senjoyo, tak hanya mandi di kolam saja tetapi ada salah satu aktifitas yang spesial di Sendang Senjoyo ini yaitu berfoto dengan ikan-ikan karena terdapat satu kolam yang di dalamnya hidup ikan-ikan air tawar yang jumlahnya sangat banyak sekali sehingga semakin menarik, apalagi airnya sangat jernih dan ikan-ikan yang ada di kolam bisa terlihat secara jelas. Untuk bisa berfoto dengan kerumunan ikan syaratnya kita harus memberi makan ikan, jangan khawatir di warung-warung yang berada di kawasan Sendang Senjoyo ini banyak yang menjual makanan untuk ikan. Di Sendang Senjoyo ini ikan-ikannya cukup besar sehingga sangat mengasyikkan jika bermain air sambil memberi makan ikan.

Di sebelah barat kolam ikan juga terdapat kolam yang paling luas seperti danau, yang mana kolam yang paling luas ini dijadikan sebagai tempat bermain karena terdapat wahana permainan sepeda air yang bisa kita sewa untuk mengelilingi kolam ini sambil menikmati pemandangan khas pedesaan yang masih sangat alami. Untuk bisa naik sepeda air hanya cukup membayar Rp. 10.000 dengan durasi 15 menit.

foto pribadi

Di kawasan Sendang Senjoyo juga terdapat sungai  yang airnya juga sangat bersih dan jernih namun arusnya tidak begitu deras, di sungai ini juga biasanya sering digunakan untuk bersantai karean terdapat meja kursi yang berada di tengah-tengah sungai, untuk bisa bersantai di kursi ini kita hanya dikenakan biaya Rp. 5000 untuk satu orangnya.              

Fasilitas yang ada di Sendang Senjoyo ini sudah lumayan komplit, di sini sudah tersedia toilet dan kamar mandi. Dan juga terdapat banyak warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan yaitu mencoba kuliner khas Sendang Senjoyo yaitu Jembak. Kuliner yng terbuat dari gandum dan sayur jembak atau selada air yang digoreng semacam bakwan namun mempunyai cita rasa yang sangat khas yaitu kenyal dan gurih.

Tips Berwisata di Sendang Senjoyo

Supaya tetap aman dan nyaman saat berwisata di Sendang Senjoyo, ini dia beberapa tips yang perlu diperhatikan :

11. 1. Jaga etika kesopanan perilaku dan perkataan karena Sendang Senjoyo termasuk tempat yang sakral supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Jaga kebersihan lingkungan dengan selalu membuang sampah pada tempatnya supaya kawasan Sendang Senjoyo tetap bersih dan asri.

3. Awasi anak kecil dan barang bawaan seperti tas, dompet, handphone ataupun yang lainnya karena ada beberpa kolam yang cukup dalam dan belum adanya tempat penitipan barang.

4. Datang di siang hari karena air di Sendang Senjoyo ini cukup terasa dingin jika di pagi atau sore hari.

5. Bawa pakain ganti karena sangat rugi jika ke Sendang Senjoyo tidak mandi di kolam alami.

Mengenal Potensi Wisata Kabupaten Semarang Lewat Aplikasi APIKS

Di Kabupaten Semarang tak hanya ada Sendang Senjoyo saja yang pesonanya tiada tara, namun masih banyak lagi destinasi wisata alam, wisata buatan, wisata seni budaya, wisata kuliner, wisata sejarah hingga desa wisata yang sangat menakjubkan dan wajib dikunjungi. Supaya semakin mudah menjelajahi destinasi wisata di Kabupaten Semarang saat ini tak perlu khawatir lagi karena ada APIKS (Aplikasi Pariwisata ter-Integrasi  Kabupaten Semarang) yang memuat berbagai informasi seputar pariwisata di Kabupaten Semarang mulai dari dsetinasi wisata, hotel, kuliner,pusat oleh-oleh dan masih banyak lagi. Sehingga berwisata di Kabupaten Semarangs saat ini semakin mudah hanya dalam satu genggaman.


“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Wisata Kabupaten Semarang”

 

Refrensi : https://www.rakyatterkini.com/2022/05/sendang-umbul-senjoyo-diyakini-sebagai.html




1 Komentar